Dilema Ngoreksi Ujian

Saya termasuk dosen yang menghafal nama-nama dan wajah-wajah mahasiswa saya, serta memperhatikan kemampuan mereka saat latihan soal di kelas. Saya juga rajin ngasih quiz sebelum ujian dan mengoreksinya lalu membagikannya sebelum ujian. Saya kerap berkeliling terus-terusan untuk memastikan mereka gak nyontek saat quiz atau ujian. Jadi berdasarkan nilai-nilai quiz dan pengamatan selama latihan di kelas saya merasa cukup tau kemampuan masing-masing mahasiswa saya.

Akibatnya, saat sedang ngoreksi berkas ujian seperti ini, sebagai dosen saya menemui dua hal yang dilematis:

  1. Nemu berkas ujian milik mahasiswa yang pas latihan dan quiz pinter tapi jawaban ujiannya salah karena dia kurang teliti. Beraaaat rasanya nyalahin jawabannya, tapi memang harus disalahin
  2. Nemu berkas ujian milik mahasiswa ghoib yang jarang kuliah, muncul hanya saat quiz dan ujian, nilai quiznya pun ancur tapi pas ujian malah jawabannya bener. Susah untuk ngikhlasin nilai ujian yang bagus tapi memang dia berhak, toh jawabannya bener

Nah, dilematis kan? Tapi saya mesti objektif. Nilai sesuai dengan hasil yang dikerjakan. Mungkin semester depan saat ngawas ujian saya harus lebih waspada lagi, hehehe….

Tinggalkan Balasan

