I Wanna Be a Busy Person

Tiba-tiba terlintas di kepala beberapa bayangan tentang “wah enaknya klo kesibukanku kayak gini ya…” which is really-really way out of the reality😥

Daripada mengkhayal doang, mendingan dituliskan, itung-itung jadi doa dan siapa tau terkabul someday

Ok, di bayangan saya, kesibukan yang menyenangkan adalah…

  1. Pagi-pagi saya harus ke kampus, jam 7 sudah harus di kampus karena ada jadwal menguji seminar dan sidang proyek akhir. Topik PA yang saya uji kali ini menarik, soalnya gak pake database relasional tetapi pake NoSQL.
  2. Karena ini hari senin, jam 9 pagi kelas Dasar SQL yang saya ajar masuk ke sesi latihan praktek membuat query (saya sudah siapkan database yang besar berukuran beberapa ribu baris, well sebenernya hasil generate dari PowerDesigner sih datanya hahaha…). Lanjut jam 11 dengan kelas Migrasi Data yang rencananya hari ini akan saya demokan cara migrasi data dari MySQL ke Oracle dengan skenario offline destination (berbeda dengan semester lalu, kali ini database tujuannya di Oracle 12c).
    Untuk selasa besok jam 9 adalah jadwal kelas Algoritma Pemrograman (saya harus ngoprek Phyton lagi karena biasanya saya ngajar AlPro pake Pascal, bahasa Phyton masih terbilang baru untuk saya), lanjut jam 11 nya adalah jadwal kelas Perancangan Basis Data, saya harus siapkan contoh konkrit untuk bantu mahasiswa saya yang masih kebingungan tentang kapan menggunakan relasi n-ary dan kapan menggunakan agregasi. Oiya slide untuk ngajar Perancangan Basis Data juga harus saya revisi sedikit
  3. Setelah sholat dzuhur dan makan siang nanti saya ada janji bertemu dengan 3 orang mahasiswa bimbingan. Dua diantara mereka mau sidang bulan depan, jadi saya harus pastikan slide nya sudah layak tampil, sekalian suruh mereka latihan tanya jawab (pura-puranya saya jadi penguji sidang mereka). Satu orang sisanya sepertinya punya masalah dengan bukunya yang masih amburadul, tidak akan saya ijinkan sidang bulan depan kalau siang nanti saya periksa bukunya dan masih banyak kesalahan, kalau perlu saya telpon orangtuanya supaya dia dimotivasi. Ah saya lupa, ada 1 orang lagi yang mau demo program jadi total ada 4 orang. Hmmm… sepertinya sekitar 2 jam juga beres sampe jam 3 sore. Setelah itu saya lanjut sholat ashar.
  4. Bada ashar saya mau rapat kecil di lab dengan mahasiswa-mahasiswa yang membantu saya bikin penelitian tentang plagiarism detection tool. Sebetulnya mereka juga mahasiswa bimbingan PA, tapi topiknya saya dari saya. Minggu depan harus sudah setor progress report ke Dikti. Rencananya kalau semua lancar 2 bulan lagi penelitiannya beres, lalu kita buat jurnalnya dan di-submit ke jurnal internasional yang reputable, tentunya sebagai pemilik ide saya sebagai penulis 1, dan mahasiswa-mahasiswa yang membantu saya juga tercantum namanya sebagai penulis 2 dan seterusnya.  Untuk ke depannya tools ini akan terus kami sempurnakan, lalu didistribusikan ke sekolah-sekolah secara gratis, sambil memberikan pelatihan cara penggunaan tools tersebut kepada para guru sebagai kegiatan pengabdian masyarakat, tentunya akan melibatkan mahasiswa juga dalam prosesnya.
  5. Gak terasa sudah jam 16.30, saya masih harus nulis di homepage saya tentang tugas-tugas untuk mahasiswa yang wajib mereka setorkan akhir pekan ini. Ah saya jadi ingat, quiz Dasar SQL yang minggu lalu belum selesai saya koreksi (mungkin nanti malam kalau Alma sudah tidur saya bisa koreksi quiz nya sambil minum cokelat panas dan nonton CSI hehehe), dan besok sore juga ada perwalian dengan mahasiswa. Beberapa di antara mereka bermasalah dengan dosen pembimbing PA nya, ada juga yang bermasalah dengan biaya kuliahnya, mungkin harus saya tanyakan ke bagian kemahasiswaan tentang peluang beasiswa, atau malah magang di lab mungkin?
  6. Jumat pekan depan saya juga dijadwalkan ngisi kuliah umum Kapita Selekta, panitianya bilang terserah saya mau ngasi materi tentang apa. Wah harus browsing lagi nih nyari info terbaru tentang materi Text Mining yang rencananya akan saya bawakan nanti. Mungkin pas kuliah umum itu juga saya bisa sambil request ke mahasiswa-mahasiswa yang saya ajar untuk ngisi survey anonim yang sudah saya set up di Google Docs. Gak relevan dengan materi sih tapi saya penasaran aja dengan cara belajar mahasiswa di luar kelas dan pengen tau kenapa mahasiswa sekarang kok terkesan kurang mandiri dengan studinya, toh ga ada salahnya memanfaatkan kesempatan ini, Setelah dianalisis nanti, hasil kuesionernya bisa saya share dengan rekan-rekan dosen yang lain, untuk kebaikan mahasiswa juga kok.
  7. Sabtu Minggu? time for me and my family of course. It’s enough I dedicate my monday through friday for work, isn’t it? More than enough I may say. Nge-babu di rumah, sepedahan, berenang, belanja, cari makan enak di luar, nyoba resep baru di rumah, ketemuan dengan teman dekat, tiduran, main game, you name it, ada terlalu banyak pilihan aktivitas di akhir pekan, just stay away from these –> macet, rame, kerja

Ah itulah khayalan, gak seindah kenyataan, hehehe…

Being busy is important, it gives us the sense of usefulness, a bit of necessary challenge to cast the boredom away, room for self-improvement and -for some people out there- achievement they crave so badly.

Being a laid back and do nothing is no fun, I get it.
But doing many things that you’re not into it is no fun either.

I wanna be a busy person,
a person who is busy doing things that he likes, that is.

Tinggalkan Balasan

