[AD28] Suami Membantu Pekerjaan Rumah

Suami-suami yang sering membantu pekerjaan rumah istrinya sebetulnya perlu diapresiasi, bukan malah dicemooh, sebab Rasulullah saw juga mencontohkan yang demikian. Perhatikan saja hadits shahih berikut ini.

وَعَنْ الأسوَد بنِ يَزيدَ قَالَ :

سُئلَتْ عَائِشَةُ رضيَ الله عَنْها : ما كانَ النَّبِيُّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم يَصنعُ في بَيْتِهِ ؟ قَالَتْ : كان يَكُون في مِهْنَةِ أَهْلِهِ يَعَنْي : خِدمَةِ أَهلِه فإِذا حَضَرَتِ الصَّلاة، خَرَجَ إِلى الصَّلاةِ .

رَوَاهُ البُخَارِيّ.

Dari al-Aswad Ibn Yazid, berkata:

Aisyah ra, pernah ditanya tentang apa yang dilakukan oleh Nabi saw. di rumahnya? Aisyah menjawab: Beliau Saw. membantu pekerjaan keluarganya. Kemudian jika datang waktu shalat, beliau keluar untuk mengerjakan shalat itu.

(HR Bukhari)

Nah, Rasuullah yang mulia saja membantu pekerjaan rumah. Yang penting untuk diingat, jika tiba waktunya sholat maka tinggalkan dulu pekerjaan rumahnya. Sholat dulu. Setelah itu silahkan jika mau melanjutkan membantu pekerjaan rumah.

Setelah membaca hadits ini apa masih malu bantu-bantu istri di rumah? Semoga tidak ya. Kalau ada yang mengejek karena kita membantu pekerjaan rumah, sampaikan saja hadits ini, palingan tambah diejek karena sok alim, 😀 Ya, biarkan saja mereka mengejek, yang menilai amal perbuatan kita kan Allah, bukan manusia 🙂


DISCLAIMER:
Tulisan ini adalah bagian dari serial tulisan dengan tag #ApaDalilnya. Tulisan ini merupakan perwujudan dari komitmen saya terhadap diri sendiri untuk (insya Allah) secara rutin setiap hari di bulan ramadhan 1435H mencari tahu tentang dalil (landasan hukum) tentang sebuah persoalan dalam agama islam dan menuliskan kembali hasil penelusuran saya.
Tulisan ini tidak bermaksud menggurui siapapun, mohon tidak dijadikan referensi utama, tanyakanlah masalah agama kepada ahlinya yaitu para ulama. Saya bukan ulama dan tulisan ini hanya sebagai catatan pribadi saya yang masih belajar ilmu agama, catatan pribadi yang dimaksudkan sebagai pengingat bagi diri sendiri sambil berharap jika orang lain ikut membaca dan mengamalkannya maka saya juga akan ikut kecipratan dapat pahalanya. 
Amiiin…
Iklan

2 pemikiran pada “[AD28] Suami Membantu Pekerjaan Rumah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s