[AD19] Wudhu, Antara yang Rukun dengan yang Sunnah

Di bulan Ramadhan seperti ini sering kita lihat orang berwudhu tanpa berkumur. Wudhu nya tetap sah kok, karena berkumur memang sebatas sunnah wudhu: jika tidak dikerjakan maka wudhu tetap sah. Berbeda dengan membasuh muka yang merupakan rukun wudhu: sifatnya wajib, jika tidak dikerjakan maka wudhunya tidak sah.

Anak kecil di TPA juga tau kok membedakan mana yang rukun wudhu dan mana yang sunnah wudhu. Mungkin sejak kecil kita juga sudah diajarkan, tapi apakah kita tahu apa dalilnya tentang rukun dan sunnah wudhu ini? Jika suatu saat anak saya bertanya

Ayah, kenapa kalo orang gak cuci tangan sebelum wudhu, gak kumur-kumur, gak masukin air ke hidung dan gak basuh telinga wudhunya tetap sah? Kenapa kalo gak basuh muka atau tangan atau kepala atau kaki wudhunya jadi gak sah? Kenapa juga orang mesti wudhu sebelum sholat?

Gak banget kayaknya kalo saya jawab “Gak tau ya nak, ayah dulu diajarin sama Pak Ustadznya begitu sih…” 😀 Nah, setelah saya cari-cari, ternyata dalil untuk perintah wudhu sebelum sholat dan rukun-rukunnya ada pada Al Quran, tepatnya pada surat Al Maidah ayat 6 berikut ini

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki…” (QS. Al-Maidah: 6)

Sedangkan sunnah-sunnah wudhu dalilnya terdapat dalam beberapa hadits. Salah satunya adalah hadits shahih dari Amr bin Abasah yang diriwayatkan oleh Muslim berikut ini

Amr bin Abasah berkata “Wahai Rasulullah beritahukan kepadaku tentang wudhu?” Rasulullah berkata, “Tidaklah salah seorang dari kalian mendekati air wudhunya, kemudian berkumur-kumur, memasukkan air ke hidungnya lalu mengeluarkannya kembali, melainkan gugurlah dosa-dosa di (rongga) mulut dan rongga hidungnya bersama air wudhunya, kemudian (tidaklah) ia membasuh mukanya sebagaimana yang Allah perintahkan, melainkan gugurlah dosa-dosa wajahnya melalui ujung-ujung janggutnya bersama tetesan air wudhu, kemudian (tidaklah) ia membasuh kedua tangannya sampai ke siku, melainkan gugurlah dasa-dosa tangannya bersama air wudhu melalui jari-jari tangannya, kemudian (tidaklah) ia mengusap kepalanya, melainkan gugur dosa-dasa kepalanya bersama air melalui ujung-ujung rambutnya, kemudian (tidaklah) ia membasuh kedua kakinya, melainkan gugur dosa-dasa kakinya bersama air melalui ujung-ujung jari kakinya.” (HR. Muslim)

Masih ada beberapa hadits lain yang menerangkan tentang sunnnah wudhu, seperti membaca basmalah sambil mencuci tangan sebelum wudhu, mengusap telinga dan sebagainya. Lebih lengkapnya bisa dibaca di sini.

Semoga bermanfaat 🙂


DISCLAIMER:
Tulisan ini adalah bagian dari serial tulisan dengan tag #ApaDalilnya. Tulisan ini merupakan perwujudan dari komitmen saya terhadap diri sendiri untuk (insya Allah) secara rutin setiap hari di bulan ramadhan 1435H mencari tahu tentang dalil (landasan hukum) tentang sebuah persoalan dalam agama islam dan menuliskan kembali hasil penelusuran saya.
Tulisan ini tidak bermaksud menggurui siapapun, mohon tidak dijadikan referensi utama, tanyakanlah masalah agama kepada ahlinya yaitu para ulama. Saya bukan ulama dan tulisan ini hanya sebagai catatan pribadi saya yang masih belajar ilmu agama, catatan pribadi yang dimaksudkan sebagai pengingat bagi diri sendiri sambil berharap jika orang lain ikut membaca dan mengamalkannya maka saya juga akan ikut kecipratan dapat pahalanya.
Amiiin…
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s