[AD18] Setiap Pagi Bersedekah Untuk Setiap Sendi Tubuh

Sendi adalah sambungan atar tulang. Ada berapa banyak sendi dalam tubuh manusia? Sangat banyak, tepatnya ada 360 buah yaitu 148 sendi di sekitar tulang belakang, 24 sendi di sekitar tulang dada, 86 sendi di tubuh bagian atas, 90 sendi di tubuh bagian bawah dan 11 sendi di sekitar pinggul, tulang ekor dan alat kelamin.

Bayangkan jika setiap pagi seluruh sendi yang jumlahnya 360 buah itu bersedekah, maka betapa besar pahalanya. Bagaimana caranya sendi bisa bersedekah setiap pagi? yaitu dengan cara dua rakaat shalat dhuha. Perhatikan hadits shahih dari Abu Dzar yang berkata bahwa Rasulullah saw telah bersabda:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ ، فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ )الْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ ، وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ ، وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى

Pada setiap persendian kalian harus dikeluarkan sedekahnya setiap pagi; Setiap tasbih (membaca subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (membaca Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (membaca Lailaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (membaca Allahu Akbar) adalah sedekah, amar bil ma’ruf adalah sedekah, nahi ‘anil munkar adalah sedekah. Semua itu dapat terpenuhi dengan (shalat) dua rakaat yang dilakukan di waktu Dhuha.” (HR. Muslim, no. 1181)

Nah, setelah kita mengetahui keutamaan dua rakaat shalat dhuha, apakah masih sulit meluangkan waktu hanya sekitar 5 menit saja untuk mengerjakannya? Tentu saja tidak akan mudah, sebab syetan akan selalu menggoda kita kan? Tapi yuk kita coba amalkan, sebab faedahnya ternyata sangat besar.

Oiya, ngomong-ngomong tentang jumlah persendian, ternyata jauh sebelum ilmu kesehatan modern mengetahui secara persis jumlah sendi di tubuh manusia, Rasulullah saw telah mengabarkannya kepada kita melalui hadits berikut ini:

Imam Muslim meriwayatkan dari Sayyidah Aisyah r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Setiap manusia keturunan Adam diciptakan di atas 360 persendian. Barang siapa yang bertakbir, bertahmid, bertahlil, bertasbih, dan beristighfar kepada Allah, menyingkirkan batu, atau duri atau tulang dari jalan, memerintahkan kepada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran sejumlah persendian itu maka ia telah berjalan menjauhi api neraka,”
(H.R. Muslim, Kitab al-Zakat, hadis No. 1675).

Subhanallah….


 DISCLAIMER:
Tulisan ini adalah bagian dari serial tulisan dengan tag #ApaDalilnya. Tulisan ini merupakan perwujudan dari komitmen saya terhadap diri sendiri untuk (insya Allah) secara rutin setiap hari di bulan ramadhan 1435H mencari tahu tentang dalil (landasan hukum) tentang sebuah persoalan dalam agama islam dan menuliskan kembali hasil penelusuran saya. 
Tulisan ini tidak bermaksud menggurui siapapun, mohon tidak dijadikan referensi utama, tanyakanlah masalah agama kepada ahlinya yaitu para ulama. Saya bukan ulama dan tulisan ini hanya sebagai catatan pribadi saya yang masih belajar ilmu agama, catatan pribadi yang dimaksudkan sebagai pengingat bagi diri sendiri sambil berharap jika orang lain ikut membaca dan mengamalkannya maka saya juga akan ikut kecipratan dapat pahalanya. 
Amiiin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s