[AD06] Jika Lupa Membaca Basmalah Sebelum Makan

Membaca basmalah sebelum makan adalah sebuah kebaikan yang dicontohkan oleh Rasulullah. Idealnya basmalah diucapkan sebelum mulai makan. Lalu bagaimana kalau saking buru-burnya kita sampai lupa mengucapkan basmalah sebelum mulai makan? Setelah makanan masuk ke mulut baru ingat bahwa belum sempat membaca basmalah. Apakah kita membaca basmalah di tengah makan? apakah kita teruskan saja makan tanpa membaca basmalah? atau bagaimana? Ternyata ada doanya seperti yang diajarkan dalam hadits berikut ini.

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

“Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”
(HR. Abu Daud no. 3767 dan At Tirmidzi no. 1858)

Jadi tidak perlu bingung kalau lupa membaca basmalah sebelum makan, cukup dengan membaca “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu“. Semoga bermanfaat 🙂


DISCLAIMER:
Tulisan ini adalah bagian dari serial tulisan dengan tag #ApaDalilnya. Tulisan ini merupakan perwujudan dari komitmen saya terhadap diri sendiri untuk (insya Allah) secara rutin setiap hari di bulan ramadhan 1435H mencari tahu tentang dalil (landasan hukum) tentang sebuah persoalan dalam agama islam dan menuliskan kembali hasil penelusuran saya. 
Tulisan ini tidak bermaksud menggurui siapapun, mohon tidak dijadikan referensi utama, tanyakanlah masalah agama kepada ahlinya yaitu para ulama. Saya bukan ulama dan tulisan ini hanya sebagai catatan pribadi saya yang masih belajar ilmu agama, catatan pribadi yang dimaksudkan sebagai pengingat bagi diri sendiri sambil berharap jika orang lain ikut membaca dan mengamalkannya maka saya juga akan ikut kecipratan dapat pahalanya. 
Amiiin…
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s