Menuju Dosen yang Lebih Baik

Image

Saya ingin menjadi dosen yang lebih baik.
Kalau ditanya lebih baik dari apa?
Saya jawab ” lebih baik dari yang sekarang”.

Trus gimana caranya?

  1. Ingin lebih banyak menghasilkan karya ilmiah. So far saya baru menulis di prosiding nasional, itupun jumahnya masih bisa dihitung jari. Target pribadi saya: tahun 2014 ini sudah menulis 1 artikel di jurnal internasional! Amiiiin…
  2. Ingin menulis buku ber-ISBN. Sedih sekali beberapa waktu lalu saya melewatkan program Hibah Buku Ajar yang diselenggarakan oleh kampus tempat saya mengajar. Pokoknya kalau tahun depan program itu diadakan lagi saya akan ikut! Amiiin…
  3. Ingin menawarkan lebih banyak judul PA. Dua tahun terakhir ini memang sudah saya lakukan, tapi masih kurang. Tahun ini saya menawarkan hanya 6 judul saja, itupun yang diambil oleh mahasiswa hanya 5 judul (judul yang saya tawarkan saya terlalu sulit kata mereka, ouch) untuk tahun ajaran baru yang akan datang bulan Agustus nanti, saya menargetkan 50% mahasiswa bimbingan saya harus mendapatkan judul PAnya dari saya. Karena kuota membimbing saya adalah 15 orang, maka saya harus menyiapkan ide untuk 8 judul PA. Good luck with that Wahyu, hahaha… emang berat sih nyari ide sebanyak itu tapi pokoknya amiiiiin….
  4. Ingin mengajak mahasiswa saya ikut mempublikasikan karya ilmiah. Ini misi baru, setelah tahun ini saya menemukan mahasiswa-mahasiswa yang sangat berbakat maka saya rasa sayang sekali kalau PA mereka hanya jadi buku yang nanti teronggok di perpustakaan. Saya ingin mempublikasikannya bersama mereka. Target saya tahun 2014 ini mengajak salah satu mahasiswa saya mempublikasikan PA nya di prosiding nasional, dan saya sudah temukan kandidatnya dari salah satu mahasiswa bimbingan saya semester ini, tinggal cari event nya. Semoga semua lancar, amiiiin….
  5. Ingin merencanakan dan memonitor PA mahasiswa dengan lebih terstruktur dan ketat. Semester lalu saya baru menentapkan milestone-milestone pengerjaan PA untuk mahasiswa bimbingan saya; tanggal sekian harus sudah beres ini, tangal sekian harus sudah beres itu, dan seterusnya. Baru sebatas pengarahan lisan sih, tapi efek positif yang sudah saya rasakan adalah mereka jadi lebih disiplin bimbingan dan lebih cepat menyelesaikan PA dibanding kakak-kakak kelasnya yang saya bebaskan saja kapan mau menyelesaikan apa. Untuk tahun ajaran baru nanti saya ingin memonitornya dengan lebih ketat dan terdokumentasi denga baik. Target saya adalah semua mahasiswa bimbingan saya nanti akan punya semacam log book yang berisi catatan bimbingan dan milestone-milestone yang harus dilalui agar mereka bisa lulus tepat waktu. Amiiin….

Wah postingan ini malah jadi mirip doa ya? semoga terkabul. Amiiin🙂

3 thoughts on “Menuju Dosen yang Lebih Baik

    1. Wa alaikum salam, terima kasih sudah ikut mengaminkan🙂

      Mempublikasikan karya ilmiah memang gampang-gampang susah, harus nyari event nya dulu (sebenernya banyak kok), harus belajar tata cara nulis karya ilmiah yang baik, belajar cara presentasi dan harus pede, kadang kendalanya adalah kurang pede, padahal mungkin karyanya sebetulnya bagus. Semoga dalam waktu dekat Firman bisa publikasi, tetep semangat!🙂

Tinggalkan Balasan

