Dijadikan Referensi Jurnal Internasional

Pagi ini saya membuka Google Scholar, niatnya sih ingin mencari referensi untuk bahan penulisan karya ilmiah yang akan saya ajukan ke international proceeding (prosiding internasional, setingkat di bawah jurnal internasional). Saya berharap bisa tembus, soalnya selama ini maennya masih di skala nasional.

Iseng, saya ketikkan nama saya di Google Scholar, dan wow… betapa terkejutnya saya saat menemukan sebuah tulisan berjudul New Simple Algorithm for Detecting the Meaning of Pigpen Chiper Boy Scout (“Pramuka”) yang dimuat di International Journal of Signal Processing, Image Processing and Pattern Recognition Vol.6, No.5, 2013. Salah satu dari referensi yang dicantumkan pada jurnal itu merujuk kepada karya tulis ilmiah yang pernah saya buat! 😯

Saya gak salah liat kan? Tulisan saya dijadikan referensi di jurnal internasional! Tulisan saya layak dijadikan referensi sebuah karya tulis ilmiah bertaraf internasional!

Padahal tulisan saya sendiri belum pernah ada yang masuk di jurnal internasional! jangankan jurnal… , prosiding internasional saja saya belum pernah masukin…

Oh god! “belum pernah masukin“!
That’s it! itu dia salahnya! Saya belum pernah mencoba!

Saya belum pernah mencoba! Entah karena kurang percaya diri atau apa, selama ini ini saya hanya mengirimkan karya tulis saya di skala nasional. Padahal memiliki tulisan di jurnal internasional bisa mempercepat kenaikan jabatan fungsional akademik (JFA) saya sebagai dosen. Berdasarkan aturan perundang-undangan yang berlaku sekarang, biasanya untuk naik JFA butuh waktu minimal 3 tahun, tapi kalau punya tulisan di jurnal internasional maka bisa dipercepat menjadi 1 tahun saja.

Ini dia penampakan referensi jurnal internasional yang mencantumkan salah satu tulisan saya:

dikutip jurnal internasional

jurnal lengkapnya bisa dibaca di sini

Saat saya tunjukkan ke istri saya, dia hanya bilang “tuh, sudah saatnya go international!” :mrgreen:

2 pemikiran pada “Dijadikan Referensi Jurnal Internasional

Tinggalkan Balasan

