[Sebelum dan Sesudah] Shutdown Database Oracle 12c

Sebelumnya laptop saya diinstal Oracle 11g Express Edition, tetapi karena saya merasa penasaran dengan Oracle 12c, saya memberanikan diri untuk beralih dari 11g ke 12c. Saya pun mendownload installernya dengan akun OTN saya, tidak tanggung-tanggung, 2.5GB ukuran installernya. Dengan memanfaatkan koneksi internet di kampus, proses downloadnya membutuhkan waktu sekitar 10 jam saja 😀

Dari beberapa opsi yang ditawarkan, saya memilih Enterprise Edition yang total ukuran file setelah instalasinya 6.8 GB (ngapain pilih yang Personal edition, nanggung, hahaha…). Proses instalasinya lumayan beda dengan 11g, dan membutuhkan waktu jauh lebih lama, sekitar 1.5 jam. Bagian terlamanya adalah saat initial configuration, sukses bikin saya dag dig dug. Alhamdulillah lancar, proses instalasi berhasil, tidak ada masalah.

Kemudian setelah beberapa kali restart komputer saya merasakan bahwa laptop saya sedikit kurang responsif ketimbang saat sebelum diinstal Oracle 12c. Kemudian saya iseng men-shutdown database Oracle 12c saya. Alhasil laptop saya kembali responsif seperti biasa. Sepertinya si Oracle 12c ini memang banyak menghabiskan resource di laptop saya, jadi saya buka task manager, saya buka tab performance, dan kemudian saya startup database Oracle 12c.

before shutdown

Wow! setelah startup maka terjadi lonjakan pengunaan resource. Utilitas CPU 22% dan penggunaan memory 3.55 GB, pantesan aja laptop saya jadi lemot. kemudian saya shutdown lagi database Oracle saya dan tampilan di task manager menjadi seperti ini:

after shutdown

Penggunaan resource nya turun drastis. Utilitas CPU 4% saja dan penggunaan memory pun hanya 1.98 GB, laptop saya pun gesit kembali 😀

Alhasil sejak saat itu, Oracle 12c di laptop saya selalu dalam keadaan shutdown, kecuali saat saya ingin menggunakannya barulah saya startup lagi 😀 Sama sekali gak ada niat untuk kembali ke 11g karena saya sangat pengen mempelajari Oracle 12c yang konon sarat fitur baru dan dioptimasi untuk cloud coumputing ini.

Jadi bagi yang masih ragu-ragu mau beralih ke 12c atau tidak, semoga tulisan saya ini bisa memberi gambaran tentang what’re you going to deal with, wakakak… Selamat belajar, semoga sukses 🙂

Tinggalkan Balasan

