Scroll Lock pada Keyboard Lenovo Thinkpad

Kemarin siang saya sempat dibuat bingung oleh si Tuminah, laptop kesayangan saya yang selalu setia menemani di kantor. Masalahnya, saat saya mengerjakan sebuah spreadsheet di Excel, saya tidak bisa memindahkan kursor dengan menggunakan tombol panah seperti biasa. Biasanya kalau saya mau memindahkan kursor dari sel yang satu ke sel yang lain saya selalu menggunakan tombol panah. Siang itu kalau saya menekan tombol panah bawah maka layar spreadsheet saya akan scroll ke bawah, kalau saya menekan tombol tombol panah atas maka layar spreadsheet saya akan scroll ke atas, mirip dengan kalau kita menekan tombol panah pada aplikasi browser. Lama-lama saya perhatikan ternyata keanehan perilaku si tombol panah ini disebabkan oleh posisi Scroll Lock yang sedang ON, tapi saya lihat di keyboard si Tuminah tidak terlihat ada tombol bertuliskan Scroll Lock 😯 Alhasil siang itu saya terpaksa menggunakan mouse untuk memindahkan kursor dari dari satu sel ke sel yang lain 😥

Karena tidak nyaman dan penasaran, akhirnya saya gugling mencari tau di mana letak si tombol Scroll Lock yang hilang itu. Konyol sekali, setelah hampir 2 tahun make laptop ini (Lenovo Thinkpad Edge 11″ yang saya beri nama Tuminah), saya baru tau bahwa pengganti tombol scroll lock pada si Tuminah adalah kombinasi tombol (Fn+C). Sebetulnya saya sudah menyadari sejak awal bahwa si Tuminah  ini tidak memiliki tombol scroll lock, tapi berhubung dalam kondisi normal sekalipun saya sangat jarang make tombol yang namanya Scroll Lock maka absennya tombol yang satu ini saya anggap sebagai sebuah terobosan baru dalam sisi penghematan tempat dan layout tombol pada laptop berukuran mini 😆

Layout keyboard si Tuminah memang sedikit beda dari layout keyboard standar. Pada keyboard si Tuminah tidak ada tombol Scroll Lock apalagi tombol Num Lock (buat apa juga, kan Numeric KeyPad nya saja gak ada). Bahkan tombol F1-F12 pun ditempati oleh tombol tombol fungsi untuk mengatur volume suara, brightness layar, mengatifkan/menonaktifkan kamera, mic, wireless network adaptor dan kontrol multimedia. Untuk menggunakan F1-F12 saya harus menekan kombinasi tombol-tombol tersebut dengan tombol Fn. Lagi-lagi saya menganggap itu adalah sebuah terobosan baru, berhubung saya lebih sering menggunakan tombol-tombol fungsi ketimbang tombol F1-F12 😆

Bagi yang lebih suka tombol F1-F12 itu dibiarkan apa adanya tanpa berubah menjadi tombol-tombol fungsi maka sebenarnya hal itu bisa di atur di BIOS, silahkan lihat panduannya di sini. Kalau saya sendiri sih, sudah sangat menikmati layout keyboard saya yang sekarang, jadi walaupun layout keyboard saya sedikit “menyimpang” sampai membuat saya sempat sedikit kebingungan karena “kehilangan” tombol Scroll Lock, saya tetap tidak ingin mengubah layout keyboard saya 🙂

Oiya bagi yang kebingungan dan belum kebayang gimana bentuk layout keyboard standar, berikut ini saya tampilkan gambar layout keyboard standar dan penjelasannya;

Eh, btw tombol Pause/Break nya si Tuminah di mana ya? Kok gak ada juga? 😳

11 pemikiran pada “Scroll Lock pada Keyboard Lenovo Thinkpad

  1. Sore pak,,terima kasih banyak info nya…dah berapa kali kejadian juga ky anda, tapi baru kali ini keinget utk googling,,yg udah2 close excel & kadang restart…aah dudul banget…sekali lagi terima kasih ya. a little thing siy, tp sangat annoying

  2. Jadi mengatasi masalah ini bagaimana pak? Karena saya terbiasa memblock shift dan saya tarik bbrp cell u melihat jumlah

  3. Saya baru pakai laptop Lenovo, kalau ketik di excel salah, mau edit selain klik mouse 2 x, bisa tekan tombol apa ya ? Kalau di accer tekan f2

Tinggalkan Balasan

