Catatan Pelatihan Applied Approach – Hari 2

Hari ini pelatihan didominasi oleh kegiatan mengerjakan tugas pelatihan. Adapun dua sesi materi yang diberikan berkisar seputar pembuatan bahan ajar.
Berikut ini adalah catatan saya pada pelatihan Applied Approach hari ke 2:

Hari 2 – Sesi 1
Teknik Membuat Modul/Bahan Ajar
(Prof. Dr. H. Asep Syamsul Bahri)

  1. Tugas dosen:
    1. Mengajar = memberi pengetahuan
    2. Mendidik = membentuk perilaku
    3. Membimbing = mengarahkan (bagi yang sudah tahu)
    4. Melatih = mempersiapkan, mengasah
  2. Bahan ajar dibuat agar mahasiswa dapat mencapai taraf autonomy(kemandirian), equality(kesetaraan) dan survival (mampu menghadapi tantangan)
  3. Berkhayal adalah salah satu kecakapan dasar yang harus dimiliki. Berkhayal tidak sama dengan melamun.
  4. Jangan sampai bahan ajar kita basi, harus terus diperbaiki, diperbarui dan disempurnakan
  5. Sebetulnya bahan ajar sudah pernah dibuat oleh dosen, hanya saja belum ada petunjuk-petunjuk umum yang mengaturnya dan belum ada standar untuk keseragamannya
  6. Bahan ajar dapat berupa:
    1. Modul
    2. HandOut
    3. Diktat
  7. Karakteristik Modul:
    1. Materi berisi satu topik dan dibahas secara detail
    2. Topik berasal dari SAP dan silabus
    3. Ada referensi
    4. Menggunakan validasi Satuan Penjamin Mutu (SPM) terkait
  8. Pedoman pembuatan konten modul kuliah:
    1. Petunjuk umum
  • Kompetensi / tujuan pembelajaran
  • Materi pokok bahasan
  • Indikator pencapaian
  • Referensi
  • Strategi pembelajaran
  • Kegiatan belajar
  • Evaluasi
  1. Materi Kuliah
  2. Lembar Latihan
  1. Karakteristik HandOut:
    1. Memuat materi kuliah yg pokok-pokoknya saja
    2. Tidak perlu detail sebab detailnya ada di modul, diktat atau referensi lainnya
    3. Menggunakan standar validasi SPM terkait
  2. Karakteristik Diktat:
    1. Disusun berdasarkan Kurikulum (Silabus dan SAP)
    2. Terdiri dari beberapa bab (pokok bahasan)
    3. Penjelasan detail
    4. Ada referensi
    5. Ada sumber yg mengatakan bahwa jumlah halamannya minimal 40 halaman (intinya tidak boleh terlalu singkat karena terdiri dari beberapa pokok bahasan dan masing-masing dijelaskan dengan detail
  3. Idealnya referensi kita adalah yang paling up to date. Namun kita tidak boleh menutup kemungkinan menggunakan referensi lama, perhatikan faktor-faktor berikut ini:
    1. Ketersediaan informasi: jika informasi yang kita cari tidak diperoleh di referensi terbaru maka boleh menggunakan referensi yang lama
    2. Karakteristik disipilin ilmu: beberapa disiplin ilmu seperti sejarah dan sastra justru menganggap referensi yang lebih tua adalah referensi yang lebih disukai

   
 

Hari 2 – Sesi 2
Latihan Membuat Modul/Bahan Ajar
(Dr. Dewi K. Soedarsono)

  1. Standar Kompetensi = Tujuan Instruksional Umum (TIU)
  2. Kompetensi Dasar = Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
  3. Membuat rancangan tugas (dokumen 4)
    1. Standar kompetensi adalah kemampuan yang diharapkan ada pada mahasiswa setelah mengikuti kuliah tersebut
    2. Standar kompetensi diisi dengan kategori jenis perilaku (lihat kolom 1 pada tabel ranah-ranah), jangan isi dengan kemampuan internal (kolom2)
      Contoh: isilah dengan kata “menerapkan” (C3), bukan dengan kata “memecahkan masalah” sebab kata “menerapkan” tergolong pada kategori jenis perilaku, sedangkan kata “memecahkan masalah” tergolong pada kemapuan internal
    3. Tujuan tugas diisi dengan urgensi / alasan mengapa tugas tersebut diberikan kepada mahasiswa
  4. Membuat rencana evaluasi perkuliahan
    1. Tujuan evaluasi diisi dengan misalnya untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap materi yg diberikan, untuk mengatahui tingkat keberhasilan mahasiswa dalam proses belajar mengajar, untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap dosen pengajar, dan sebagainya (boleh diisi lebih dari satu)
    2. Tabel 1 Kolom informasi yg dibutuhkan diisi dengan “persepsi mahasiswa”, “keberhasilan mahasiswa” dan sebagainya, sesuaikan dengan tujuan evaluasi
    3. Tabel 1 Kolom indikator diisi dengan faktor-faktor yang menjadi tolak ukur (parameter) untuk mendapatkan informasi, sesuaikan dengan kolom informasi. Misalnya informasi yang diharapkan adalah “keberhasilan mahasiswa” maka indikatornya adalah “nilai kuis 1”.
    4. Pada tabel 2, kolom yang sama menyesuaikan, adapun kolom Pertanyaan diisi dengan
  5. Petunjuk membuat rekonstruksi mata kuliah:
    1. Siapkan silabus dan SAP
    2. Kaji ulang silabus dan SAP, apakah sudah berbasis kompetensi?
    3. Lakukan evaluasi untuk mengidentifikasi kelemahan pada silabus dan SAP tersebut
    4. Implementasikan dalam format rekonstruksi mata kuliah
  6. Langkah-langkah melakukan rekonstruksi mata kuliah:
    1. Menentukan dan merumuskan standar kompetensi
    2. Menentukan dan merumuskan kompetensi dasar dan atau indikator
    3. Menyusun materi perkuliahan
    4. Menyusun strategi/model pembelajaran
    5. Strategi untuk melakukan penilaian hasil belajar
  7. Tips membuat bahan ajar
    1. Jumlah referensi bacaan wajib sebaiknya 3-5 buah buku teks (tidak termasuk materi online)
    2. Bacaan anjuran tidak harus bersifat teoritis, bleh bentuknya biografi, dan sebagainya

One thought on “Catatan Pelatihan Applied Approach – Hari 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s