Copy Table vs Migrate Database

Misalkan kita memiliki sebuah database di MySQL yang ingin kita pindahkan ke Oracle maka dengan menggunakan tool Oracle SQLDeveloper, kita dapat menggunakan fitur Copy Table atau fitur Migrate Database. Masing-masing fitur memiliki kelebihan dan kekurangannya. Oleh karena itu pemilihan fitur yang digunakan harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Copy Table adalah fitur di SQL Developer untuk menyalin sebuah tabel pada database MySQL ke database Oracle. untuk melakukan Copy Table cukup dengan membuat koneksi ke MySQL dengan menggunakan Oracle SQL Developer, kemudian klik kanan pada tabel yang akan dicopy, lalu pilih “Copy Table”

Ada beberapa hal yang perlu dikonfigurasi pada fitur Copy Table:

  1. Destination Connection Name: Pilih koneksi yang akan digunakan sebagai database tujuan data
  2. Include Data: Beri tanda cek jika ingin ikut memindahkan data. Jika tidak diberi tanda cek maka hanya struktur tabel saja yang pindah, di Oracle akan dibuat sebuah tabel kosong yang strukturnya sama persis dengan tabel pada MySQL namun tabel tetap dalam keadaan kosong
  3. Options if Table Exists: Aksi yang akan dilakukan jika pada database tujuan data sudah ada tabel dengan nama yang sama dengan nama tabel dari database asal data. Ada 3 aksi yang dapat dipilih:
  • Pilih “Indicate Error” jika ingin menampilkan peringatan,
  • Pilih “Append” jika ingin menambahkan data dari ke tabel yang sudah ada (pastikan bahwa struktur data pada tabel asal sama persis dengan struktur data pada tabel tujuan),
  • Pilih “Replace” jika ingin menghapus tabel pada database tujuan dan menggantinya dengan tabel baru dari database asal data.

Kelebihan dari metode Copy Table adalah:

  1. prosesnya yang sederhana, dengan langkah-langkah yang tidak rumit
  2. praktis dan tidak perlu membuat database repository
  3. saat proses migrasi data tidak dihasilkan file perantara, sehingga kerahasiaan data relatif lebih terjaga

Adapun kekurangan dari metode Copy Table adalah:

  1. fitur ini hanya dapat menyalin 1 tabel saja, sehingga jika ada N buah tabel di database MySQL yang ingin kita pindahkan ke Oracle maka copy table harus dilakukan sebanyak N kali.
  2. fitur ini hanya dapat memindahkan tabel, tidak bisa memindahkan objek-objek lain seperti misalnya procedure, function, trigger, sequence dan lain-lain.
  3. mengharuskan database sumber data dan database tujuan data dalam keadaan online secara bersamaan

Migrate Database adalah fitur pada SQL Developer yang dapat memindahkan seluruh objek yang ada pada sebuah schema di MySQL ke Oracle. Kelebihan dari Migrate Database adalah:

  1. Tidak hanya mampu memindahkan 1 tabel saja, tapi mampu memindahkan semua objek yang ada di dalam sebuah schema (termasuk, procedure, function, trigger, sequence dan lain-lain)
  2. Bisa juga digunakan untuk memindahkan beberapa schema sekaligus
  3. Memungkinkan untuk melihat konversi tipe data yang dilakukan oleh database repository bahkan dapat mengedit atau menambahkan rule untuk konversi tipe data
  4. Database sumber data dan database tujuan data tidak harus online secara bersamaan (memungkinkan proses migrasi data secara offline)

Sedangkan kekurangannya adalah:

  1. Memerlukan sebuah database repository yang akan berperan saat migrasi data, khususnya berfungsi untuk melakukan konversi data
  2. Proses dan langkah-langkah kerjanya sedikit lebih kompleks dibanding fitur Copy Table
  3. Saat proses migrasi data secara offline akan dihasilkan file perantara yang harus diperhatikan aspek security nya jika data yang dimigrasikan bersifat rahasia

Ada 3 skenario yang memungkinkan untuk dilakukan pada migrasi data dari MySQL ke Oracle dengan fitur Migrate Database. Cara melakukan Migrate Database juga tergantung pada skenario yang digunakan. Insya Allah akan saya bahas pada posting yang berbeda 8)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s