Error yang Umum Saat Logon ke Oracle

Sudah bukan sekali ini saya dibuat gemas oleh mahasiswa di kelas saya yang hobinya menginstal ulang Oracle. Kadang saat saya sedang menerangkan di kelas, beberapa mahasiswa malah sibuk menginstal ulang Oraclenya. Usut punya usut ternyata mereka mengalami kesulitan saat akan logon ke Oracle dan karena malas mencari tau penyebabnya, maka mereka mengambil jalan pintas: instal ulang. Wow!

Jika kita menemukan kesulitan atau eror saat logon ke Oracle, jangan buru-buru mengambil kesimpulan bahwa Oracle nya sudah tidak bisa dipakai lagi lalu memutuskan untuk menginstal ulang Oracle. Tidak semua eror di Oracle harus ditangani dengan cara instal ulang, malah kebanyakan eror saat logon penyebabnya cukup sederhana dan dapat ditangani dengan mudah. Jangan panik, cobalah perhatikan baik-baik pesan eror yang muncul, pahami maksudnya, cari tau penyebabnya lalu ambil tindakan sesuai dengan penyebabnya.

Berikut ini adalah beberapa pesan eror yang cukup sering saya temui di kelas yang sebetulnya cukup mudah ditangani tanpa harus menginstal ulang Oracle:

  1. ORA-01045: user WAHYU lacks CREATE SESSION privilege; logon denied
    Eror ini muncul karena user yang kita gunakan untuk logon tidak memiliki privilege (hak akses) untuk melakukan koneksi. Solusinya mudah, cukup login sebagai user yang memiliki hak akses sebagai DBA (misalnya user SYSTEM) kemudian berikan hak akses kepada user yang akan kita gunakan dengan mengetikkan perintah berikut ini
    grant connect to WAHYU;
    atau
    grant create session to WAHYU;
  2. ORA-01017: invalid username/password; logon denied
    Eror ini penyebabnya paling jelas yaitu karena username atau password kita salah. Solusinya adalah dengan memastikan bahwa username tersebut benar-benar ada dan passwordnya sesuai. Lupa passwordnya? Coba login sebagai user dengan hak akses sebagai DBA lalu ubah password untuk user yang kita lupa passwordnya dengan perintah berikut ini
    alter user WAHYU identified by PASSWORDBARU;
    dengan demikian maka user WAHYU akan diubah passwordnya menjadi PASSWORDBARU
  3. ORA-28000: the account is locked
    Eror ini disebabkan karena user yang kita gunakan dalam status locked. Untuk mengubah statusnya menjadi unlocked agar bisa mengakses database maka cobalah login sebagai user dengan hak akses sebagai DBA lalu ketikkan perintah berikut ini
    alter user WAHYU account unlock;
  4. ORA-01034: ORACLE not available
    ORA-27101: shared memory realm does not exist
    Dua error ini biasanya muncul jika Oracle dalam keadaan idle atau databasenya dalam status unmounted. Solusinya yaitu dengan login sebagai user SYS dengan role sebagai SYSDBA
    connect SYS as SYSDBA
    kemudian mengeksekusi perintah startup. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini:
  5. ORA-12560: TNS:protocol adapter error
    Eror ini biasanya disebabkan karena service Oracle belum dihidupkan. Untuk mengatasinya cukup mudah, tinggal ketik “services.msc” pada command prompt lalu pastikan service bernama OracleServiceXE dan OracleXETNSListener sudah aktif (dalam kondisi started). Jika belum, maka klik kanan pada service-service tersebut kemudian pilih “Start”. Perhatikan pada gambar berikut ini:
    Sebagai catatan, jika kita mengakses Oracle dengan menggunakan SQLPlus maka service yang wajib aktif hanya OracleServiceXE, namun jika kita mengakses Oracle menggunakan aplikasi lain semacam Toad atau SQLDeveloper maka baik service OracleServiceXE maupun service OracleXETNSListener harus diaktifkan.

Tidak terlalu rumit bukan? Semoga setelah saya posting tulisan ini maka populasi mahasiswa yang hobinya menginstal ulang Oracle akan berkurang secara signifikan :p

sumber gambar; dbmotive.com

11 thoughts on “Error yang Umum Saat Logon ke Oracle

    1. klo dari command prompt bisa pake perintah
      sqlplus username/password

      atau klo dari sql prompt bisa pake perintah
      connect username password

      tinggal sesuaikan aja username sama passwordnya apa🙂

  1. selamat pagi, sama mau nanya nih…di oracle saya waktu login pake sqlplus muncul “protocol adapter error”, saya cari di services.msc kok oracleserviceXE sama oracleXETNSListener ga ada ya, padahal beberapa bulan terakhir saya pakai oracle ini masih baik baik saja,, saya pakai oracle 10g , windows 7….mohon pencerahannya terimakasih

  2. kalo di tekan start di services.msc nya kok ada tulisan “windows could not start the oracleservicesXE service on local computer.

    Error 3: the system cannot find the path specified..

    itu kenapa ya pak?
    trims sebelumnya😀

  3. Mas kok saya cari yang kata depan nya oracle baik itu oracleserviceXE dll tidak ada sama sekali di services.msc, instalasi saya menggunakan oracle devsuite 10g. Tlng pencerahannya. Terimakasih

  4. pak saya ingin mengkoneksikan oracle database ini dengan java (netbeans) tetapi permasalahannya ketika saya ingin login melalu netbeans, saya tidak bisa masuk ke server dan selalu saja ORA-01017: invalid username/password; logon denied yg tampil. sudah saya ganti password sampai account saya ke locked sudah saya instal ulang dan tetap saja begitu .coding an nya pun saya rasa sudah benar. jadi kesalahan apalagi yg saya tidak ketahui?

Tinggalkan Balasan

