Operasi File Sederhana dengan VB.NET

Ada kalanya kita perlu melakukan operasi file sederhana dalam program yang kita buat. Adapun yang saya maksud operasi file sederhana di sini adalah membuat file, memindahkan file, menyalin file, menghapus file dan memeriksa keberadaan file.

Jika kita menggunakan VB.Net, maka untuk melakukan operasi-operasi file sederhana tersebut cukup menggunakan beberapa method yang ada di class File, semuanya sangat mudah untuk digunakan dan sudah disediakan oleh VB.NET. Berikut ini adalah contoh penggunaan  method-method tersebut dan penjelasan singkatnya:

  1. Membuat file dengan method File.Create
    File.Create ("C:\Folder Saya\Tes.txt")

    Perintah di atas akan membuat sebuah file bernama “Tes.txt” di folder “Folder Saya” pada drive C.
    Jika file tersebut sudah ada maka file yang ada akan ditimpa dengan file baru, namun jika drive C atau folder “Folder Saya” tidak ada (tidak dapat diakses) maka akan tampil eror “The filename, directory name, or volume label syntax is incorrect.

  2. Memindahkan file dengan method File.Move
    File.Move ("C:\Folder Saya\Tes.txt","C:\Folder Baru\TesBaru.txt")

    Perintah di atas akan memindahkan file bernama “Tes.txt” di folder “Folder Saya” ke folder “Folder Baru” sekaligus mengubah nama file tersebut menjadi “TesBaru.txt”.
    Perhatikan bahwa file dipindahkan, artinya setelah operasi ini selesai, di folder “Folder Saya” tidak akan ada lagi file “Tes.txt”. Adapun perubahan nama file sifatnya opsional, jadi jika sekedar ingin memindahkan saja tanpa mengubah nama filenya juga bisa.
    Jika file “Tes.txt” di dalam folder “Folder Saya” tidak ditemukan maka akan tampil eror “Could not find file ‘C:\Folder Saya\tes.txt’.
    Jika salah satu folder tujuan dalam path tidak ditemukan (misalnya tidak ada folder yang bernama “Folder Baru”) maka akan tampil eror “Could not find a part of the path.
    Perhatikan pula bahwa jika di dalam folder “Folder Baru” sudah ada file bernama “Tes Baru.txt” maka file tersebut akan ditimpa dengan yang baru.

  3. Menyalin file dengan method File.Copy
    File.Copy ("C:\Folder Saya\Tes.txt","C:\Folder Baru\TesBaru.txt")

    Perintah di atas akan menyalin file bernama “Tes.txt” di folder “Folder Saya” menjadi sebuah file baru di folder “Folder Baru” sekaligus mengubah nama file tersebut menjadi “TesBaru.txt”.
    Perintah ini memiliki format yang sama dengan perintah untuk memindahkan file, pesan eror yang ditampilkan juga sama. Perbedaannya adalah setelah operasi ini selesai dilakukan maka di dalam folder “Folder Saya” masih ada file bernama “Tes.txt” karena file tersebut hanya disalin (di-copy), tidak dipindahkan.

  4. Menghapus file dengan method File.Delete
    File.Delete ("C:\Folder Saya\Tes.txt")

    Perintah ini akan menghapus file bernama “Tes.txt”, perhatikan bahwa folder “Folder Saya” tidak akan ikut terhapus, dan tenang saja, drive C anda juga tidak akan ter-format 😆
    Jika file “Tes.txt” atau folder “Folder Saya” tidak ditemukan maka akan tampil eror “Could not find a part of the path ‘C:\Folder Saya\Tes.txt‘”

  5. Memeriksa keberadaan file dengan method File.Exist
    If File.Exist ("C:\Folder Saya\Tes.txt") Then
    MsgBox ("File ditemukan")
    Else
    MsgBox ("File tidak ditemukan")
    End If

    Perintah tersebut akan memerikasa apakah ada file bernama “Tes.txt” pada folder “Folder Saya” di drive C. Jika ada maka program akan menampilkan pesan “File ditemukan” namun jika tidak ada maka program akan menampikan pesan “File tidak ditemukan”.

Demikian, selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂

Iklan

2 pemikiran pada “Operasi File Sederhana dengan VB.NET

  1. gan klo cara membuat perintah di commanc button untuk mencari file tertentu dan akhirnya file tersebut open kondisinya bagemana kode nya ya? trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s