What Did I Do?

“What did I do to deserve this?”

Defaultnya, pertanyaan itu yang terlintas tiap menemui kejadian atau menerima sesuatu yang tidak diduga2, baik itu kejadian/sesuatu yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan. “Emang salah gue apa?” atau “Ini hukuman buat dosa saya yang mana ya?” begitu versi nya kalo yang diterima adalah kejadian/sesuatu yang tidak menyenangkan. Kalo saat menerima sesuatu/kejadian yang menyenangkan bunyinya kurang lebih “Ini dalam rangka apa?” atau “Wah saya gak pantes nerima ini. Gimana saya membalasnya?”

Gimanapun bunyi kalimatnya tapi intinya tetap sama, mencari sebab kelayakan. Kenapa saya layak menerima sesuatu/kejadian ini. Sekilas mungkin tampak ga ada yang salah dengan pertanyaan ini. Wajar saja kalo pertanyaan seperti ini muncul.

Hanya saja tampaknya saya harus mulai belajar untuk mengusir jauh2 pertanyaan itu jika ia muncul saat saya menerima sesuatu yang menyenangkan. Pasalnya, kalo mau maen jujur2an, sudah terlalu banyak sesuatu yang menyenangkan yang kita terima atau terjadi pada diri kita bukan karena kita layak mendapatkannya. Mungkin kita sama sekali gak layak mendapatkannya. Jadi mungkin lebih baik kita gak perlu banyak tanya, cukup syukuri saja dan anggap itu sebuah hadiah dari Sang Maha Pemurah. Anggap saja itu sebuah hadiah yang diberikan bukan karena yang menerima layak menerimanya tapi karena Yang Memberi emang baik aja🙂

Mari kita simpan pertanyaan “what did i do to deserve this?” sebagai bahan introspeksi saat kita menemui sesuatu yang kurang menyenangkan saja. At least sampai kita cukup bijak untuk bisa melihat dan memahami bahwa sebenarnya di balik kejadian kurang menyenangkan yang kita alami tersembunyi hadiah lain dari Yang Maha Penyayang.

Tinggalkan Balasan

