CBIR: Mencari Gambar dengan Gambar

Kita semua tentu sudah biasa mencari gambar di internet dengan menggunakan search engine semacam Google. Caranya cukup mudah, tinggal ketikkan keyword gambar yang ingin kita cari, sudah lumrah dan sudah biasa. Tapi sebenernya ada cara lain mencari gambar, yaitu dengan menggunakan gambar lain. Intinya kita seperti minta tolong kepada Google “Mbah, tolong cariin saya gambar yang mirip dengan gambar ini dong…”

Fitur mencari gambar dengan menggunakan gambar ini dalam bahasa kerennya disebut CBIR alias Content Based Image Retrieval. Fitur ini sangat berguna, contohnya untuk seorang teman saya yang tampaknya sedang jatuh cinta berat dengan seorang aktor tampan sekuntum bunga yang dia gak tau apa namanya, hanya punya selembar fotonya. Beliau tampak sudah cinta mati sama bunga ini dan sudah tanya sana sini tapi belum menemukan apa nama bunga pujaan hatinya itu. Kok ceritanya jadi kayak roman-roman jaman perjuangan kemerdekaan gitu ya?😆

Dengan niat tulus ingin membantu meringankan rindu dendam (yaelah bahasanya lebay pisan…) yang diderita teman saya ini, saya iseng menggunakan fitur CBIR nya Mbah Google.

Oke, langsung saja, caranya mudah sekali:

  1. Siapkan gambar/ foto target dalam bentuk file image (jpg, png, bmp, dsb
  2. Masuk ke images.google.com
  3. Klik icon kamera yang ada di sebelah kanan search textbox
  4. Upload gambar/foto dengan mengklik link ‘Upload an image’
  5. Klik Browse untuk memilih gambar/foto yang sudah disiapkan

Klik tombol ‘Search Image’ dan Voila! dalam sekejap Mbah Google yang sakti mandraguna akan menampilkan gambar-gambar yang mirip dengan gambar yang kita upload.

Jika kita meng-klik salah satu gambar hasil pencarian tersebut maka kita akan dibawa ke halaman yang memuat gambar tersebut plus gambar full size-nya. Dengan demikian kita bisa mendapatkan informasi lebih lanjut tentang gambar tersebut.

Praktis dan mudah sekali kan? Walaupun setelah saya gunakan fitur ini saya tetap tidak bisa membantu teman saya menemukan nama bunga idamannya, tapi saya sangat yakin fitur CBIR ini sangat berguna buat para cyberstalker di luar sana -lirik2 Mr BadCloud–😆

Oiya, sedikit OOT dan sedikit sotoy, menurut saya CBIR si mbah ini masih mengutamakan aspek kecepatan query ketimbang aspek akurasi. Alasannya, setelah cucumu ini scroll down ke bawah dan menganalisis hasil pencarian si mbah, cucu menemukan bahwa:

  1. Fitur komposisi warna sepertinya masih jadi andalan si mbah, lihat saja gambar yang dilingkari kuning, semuanya dominan warna putih dan hijau, mirip dengan komposisi warna gambar yang cucu upload. Fitur komposisi warna kan paling mudah dianalisis ya mbah? tinggal pake color histogram (walaupun cucu ga tau si mbah pake color histogram yg berapa bin). Selain itu proses komputasi color histogram kan ga rumit, lebih irit resource, jadi mempercepat proses query.
  2. Si mbah melakukan kuantiasasi warna pada gambar buat ngecilin ukuran feature space vector-nya, biar pencarian ke feature database bisa lebih cepet. Keliatan dari gambar-gambar yg cucu lingkari warna biru. Warna yang mendekati putih dikuantiasasi jadi warna putih, makanya bisa muncul di hasil pencarian. Oiya, cucu juga ga tau mbah pake algoritma color quantization yg mana, sepertinya bukan pake uniform quantization, terlalu gampang buat si mbah yang sudah sakti mandraguna.
  3. Si mbah sepertinya tidak melakukan analisis bentuk. Setau cucu, CBIR biasanya pake 3 analisis: warna, tekstur dan bentuk. Kalo cucu perhatiin di gambar yang dilingkari merah, masscenter nya ga diperhatiin. Walaupun tersebar, asal komposisi warna (atau komposisi warna setelah kuantisasi) mirip, si mbah bakalan menganggap gambarnya mirip. Padahal klo si mbah melakukan analisis bentuk yang berbasis analisis mass-center (misalnya pake algoritma Skeleton atau Topological Skeleton), gambar yang dilingkari merah ini ga bakalan masuk ke hasil pencarian. Lagian algoritma Skeleton kan lumayan ribet perhitungannya ya mbah, daripada lemot query-nya mendingan ga usah dipake sekalian😀

Gimana mbah? bener ga? Demikian lah hasil analisis abal-abal cucumu ini, mohon maap klo salah yak, soalnya pengetahuan cucu tentang CBIR masih sangat minim, sebatas saat bikin tugas akhir tahun 2007 dulu.

Dialog Fiktif nan OOT:
-si mbah bertanya "Tesismu apa kabar, cu?"-
 -si cucu merengut-
 -si mbah nyeletuk "mbah bilang dulu juga apa...
  nyari judul yang gampang aja biar cepet beres,cu..."-
 -si cucu protes "makanya request saya ke server mbah jangan dilimit dong...
  kan kmaren saya udah dapet authorization tokennya,
  bantuin cucu sendiri napa mbah???"
www.numpangcurcol.com

7 thoughts on “CBIR: Mencari Gambar dengan Gambar

  1. Haa?? apa maksutnya nyebut2 saiah cyberstalker?? (=.=)?

    lagian kalo saiah lebih sukak cara yang konvensional ajah,, yang mirip2 social engineering…
    lagian target saiah gak sukak difoto, dapat foto target jugak susah bener…😦
    mana inpohnya jugak dikit,, tapi sekali dapat bikin klepek2… Duhhh jadi curcol… galau deh😥

    hiks hiks…

  2. Makasih udah berusaha bantuin nyari nama bunganya, walau belum ketemu, usahanya sangat dihargai🙂, sampai lengkap banget ngomentari hasil pencarian mbah google nya, landasan teori pas TA keluar semua, mantaaapps 🙂. Kalau gak nemu2 juga, ntar pas ke lembang lagi, ku bela2in datang ke t4 pertama kali bunga itu ditemukan, ku tanyain langsung disana🙂

    Btw, yang expire date until 2 th kemaren itu apa nya Why ?? itu limit dari google untuk API nya bisa digunain ?. Kalau kata pembimbing : Gak ada yang susah, semuanya bisa diselesaikan, cuma sekarang lagi butuh ekstra usaha buat ngeberesinnya🙂 . Semoga thesisnya cepat beres .🙂

    1. Hehehe… sama2 Pit🙂

      Bukan API nya, jadi tanggal 4 Okt kmaren aku baru dapet authorization token dari google buat ngakses server google translate mereka (ikutan programnya Google University Reasearch). Nah token itu expire nya setelah 2 tahun, berarti sampe 4 Okt 2013.

      Amiiin. Thx, walopun doanya belum terkabul, tapi doanya sangat2 dihargai🙂

    2. Sip ..sip.. sok lah diberesin …jika ada yang bisa dibantu, Insya Allah siap membantu.
      # itung2 kasi kesempatan bayar hutang ngebalas jasa, karena dulu pas aku nesis, aku sering ‘ngerecokin’ orang2 termasuk dirimu😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s