Mengatasi Masalah Update Toad for Oracle 10.6

Saya menggunakan Toad for Oracle versi 10.6 Freeware untuk menghindari mengurangi penggunaan software bajakan😳 Beberapa bulan yang lalu saya mendapatkan pesan “This Version of Toad for Oracle has expired. You must download a new version before proceeding”. Ternyata versi Toad yang saya gunakan sudah expired sejak 20 Juni 2011 dan saya diminta men-download versi terbarunya. Lihat tampilan yang saya dapat di gambar berikut ini:


Saya pun segera mengecek ke website ToadWorld.com untuk men-download versi terbaru, tapi yang saya dapati di sana adalah versi 10.6. Di sini saya bingung, mana versi terbarunya? Yang ada hanya file installer Toad fo Oracle versi 10.6 (sama dengan yang saya pakai) dan file update berukuran sekitar 12 MB. Saya pikir file update ini adalah semacam patch yang bisa di-download (seperti patch-nya Windows atau patch game untuk memperbaiki bug). Saya pun men-download file tersebut (file itu bernama “ToadFreeware.exe”), tapi setelah file dieksekusi saya malah mendapat pesan “Toad has encountered an unexpected error. Details: Toad cannot access necessary installation files.”

Saya sempat mencoba cara klasik, yaitu uninstall dan install ulang. Cara ini terbukti tidak berhasil, padahal sudah saya bersihkan registry-nya sebelum melakukan install ulang😥 Dan karena sudah kepepet dan sedang butuh banget, akhirnya selama sebulan berikutnya setiap saya akan menggunakan Toad, saya harus mengganti tanggal di laptop saya menjadi tanggal sebelum 20 Juni 2011.

Lama-lama saya geli juga kalo harus terus-terusan ganti tanggal di laptop. Selain saya sering salah melihat tanggal, ternyata mengubah tanggal laptop mempengaruhi proses kompilasi software yang sedang saya kerjakan (saya menggunakan VB.NET di Visual Studio 2010 Express Edition, freeware juga). Setelah googling sana sini, ternyata cara yang saya lakukan salah. Seharusnya setelah men-download file update bernama “ToadFreeware.exe”, yang harus saya lakukan adalah:

  1. Masuk ke folder tempat instalasi Toad, misalnya “C:\Program Files\Quest Software\Toad for Oracle 10.6 Freeware”
  2. Copy file “ToadFreeware.exe” ke folder tersebut, dan ubah namanya menjadi “Toad.exe” (anda boleh menimpa file toad.exe yang lama)

Berhasil!

Nah, sekarang saya susah bisa menggunakan lagi software Toad for Oracle saya, walaupun cuma sampe tanggal 30 Oktober 2011. Duh, repotnya pake freeware😡 Semoga sebelum tanggal itu Toad for Oracle versi 10.7 sudah keluar dan tetep free😉

Selamat mencoba, semoga bermanfaat🙂

Tips: Jika tidak sempat men-download update-nya, untuk sementara anda tetap bisa menggunakan Toad for Oracle 10.6 yang sudah expired. Caranya cukup mudah, tinggal masuk Control Panel dan ganti tanggal di komputer anda menjadi tanggal sebelum 20 Juni 2011. Solusi darurat😆

2 thoughts on “Mengatasi Masalah Update Toad for Oracle 10.6

Tinggalkan Balasan

