Roti Beku

Roti yang sudah lewat tanggal kadaluwarsanya alias expired biasanya berjamur. Jamurnya bisa berwarna putih, hijau atau biru dan rasanya agak pahit. Setelah berjamur tentu saja roti itu jadi gak layak dikonsumsi lagi dan harus dibuang. Mubazir jadinya.

Untuk mengawetkan roti tawar sebenarnya cukup mudah, tinggal dimasukkan saja ke dalam freezer. Ya, saya juga baru tahu bahwa roti tawar bisa dimasukkan ke dalam freezer. Karena penasaran, akhirnya tips itu saya praktekkan. Ternyata sukses🙂

Pekan lalu saya membeli roti tawar yang tanggal kadaluwarsanya adalah hari senin tanggal 1 Agustus 2011. Saya masukkan roti tawar itu ke dalam freezer (masih dalam keadaan terbungkus rapi). Pagi ini tanggal 5 Agustus 2011 (4 hari setelah lewat dari expiry date-nya) saya cek lagi dan kondisi roti itu masih bagus seperti waktu baru dibeli. Tidak tampak ada jamur, bau dan rasanya pun masih enak. Dijamin aman dikonsumsi, karena sejak memakannya untuk sahur tadi pagi, sampai saat saya menulis posting ini belum ada tanda-tanda efek sampingnya😆

Oiya, berbeda dengan perkiraan saya, ternyata roti tawar yang dibekukan di freezer tidak mengeras/membatu seperti daging, bahkan tidak ada bunga es nya sedikitpun. Tekstur, warna dan bentuknya gak berubah, hanya saja memang harus hati-hati agar baunya tidak tercampur dengan bau daging/ikan yang disimpan di freezer. Tidak perlu khawatir, saya sudah membuktikan bahwa selama roti tersebut disimpan dalam plastik, tidak tercium bau amis atau bau-bau yang lain selain bau roti😀

Selamat mencoba, semoga bermanfaat🙂

PS. Tips ini sangat berguna buat saya yang sedang mengurangi frekuensi belanja ke supermarket. Maklum, selain ingin berhemat ongkos trasnpor, makin sering belanja makin besar godaannya😀

sumber gambar http://resep-masakan-sehat.blogspot.com/

8 thoughts on “Roti Beku

  1. kata2 PS. Tips ini sangat berguna buat saya yang sedang mengurangi frekuensi belanja ke supermarket. Maklum, selain ingin berhemat ongkos trasnpor, makin sering belanja makin besar godaannya

    hmm..lg nabung ya pak? hohoho..😀

  2. walaupun udah lewat batas expired, tapi kalo belum berjamur dan memang masih layak dimakan, it’s ok, pak😀 saya pun sering, hehehe… malah lebih parahnya ga dimasukin kulkas.. bismillah aja pak, hehehe😀

  3. Pagi.. baru nemu artikel nya. Sy pernah tinggal di belanda selama 5 tahun. Di sana mereka simpan stok roti/sampai berbulan2 di freezer. Kalau mau dimakan dihangatkan di microwave. Cara ini berguna terutama saat musim gugur dan dingin/salju.. males bgt keluar belanja.. brrrr. Gak pernah denger ada yg keracunan roti kadaluarsa di sana 😊.

    1. Pagi mba Eva,

      Wow, berbulan2 ya, rekor saya cuma 3-4 minggu aja, tapi memang cara ini ampuh ya.

      Terima kasih sdh mengkonfirmasi, terima kasih jg kunjungannya mba Eva🙂

Tinggalkan Balasan

