Tips Menghemat Sabun Cair

Yups, isi gelas dalam foto di atas memang sabun🙂

“Encerkan sabun dengan air, begitulah cara menghemat sabun cair.” Mungkin semua orang tahu itu, tapi belajar dari pengalaman, ada 2 kesalahan umum yang dilakukan saat mengencerkan sabun:

  1. sabun cair dicampur dengan air dingin,
  2. sabun dan air dicampur di dalam botol dengan cara dikocok-kocok.

Dua kesalahan di atas menyebabkan sabun dan air tidak bercampur dengan sempurna, sehingga bukannya menghemat, kita malah cenderung menggunakan lebih banyak sabun untuk mendapatkan busa yang lebih banyak.

Agar sabun dan air benar-benar tercampur dengan baik, campur sabun cair dengan air panas di wadah lain sebelum dimasukkan ke dalam botol. Aduk campuran sampai benar-benar tercampur dengan baik (saya merekomendasikan garpu sebagai alat pengaduk). Perbandingan air dan sabun tergantung merk sabun yang digunakan, sabun cair berkualitas bagus dengan harga yang sedikit lebih mahal biasanya bisa dicampur dengan lebih banyak air. Saya sendiri biasanya mencampur air panas dan sabun dengan perbandingan 1:1

Jika ingin lebih hemat lagi, saat mandi gunakan shower puff atau spons. Dulu, biasanya saya menuangkan sabun cair (yang sudah diencerkan) ke shower puff basah. Belakangan saya menemukan trik lain yang menurut saya lebih hemat. Saya menyiapkan wadah plastik dan shower puff atau spons, lalu menuangkan sabun cair (yang sudah diencerkan) dan menambahkan lagi sedikit air (mirip dengan yang kita lakukan saat mencampur sabun cuci piring dengan air di wadah plastik, lalu meremas-remas spons di dalam wadah tersebut untuk mendapatkan busa yang banyak). Dengan cara ini pengggunaan sabun bisa dihemat tapi busanya tetap melimpah.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat🙂

PS. Sebenarnya ada cara lain untuk menghemat sabun cair yang lebih mudah, yaitu dengan cara jangan terlalu sering mandi, hahaha… Not recommended😆

16 thoughts on “Tips Menghemat Sabun Cair

  1. Lihat potonya, seperti jus sirsak tampak dari jauh..
    wooo baru tau kalo sabunnya dicampur air panas. Iya sih, kalo dicampur sama air dingin nanti kalo lama2 de mengendap lagi itu cairan sabun nyupirnya di bawah😀
    kyknya bagus itu kak, saran terakhir selain hemat sabun, mendukung gerakan hemat air juga😆

    1. ada 2 pilihan Ji:

      1. Mandinya gak usah pake sabun, dijamin sabun batangnya awet, atau
      2. Sabun batangnya ganti sama sabun colek, kan lebih murah tuh😆

      Selamat mencoba😛

    2. Mandinya pake jurus mandi pas foto Ji..😆
      *mandi pas foto itu kayak gimana? (coba perhatiin pas foto yg ada di KTP, yg kelihatan yg mana aja) hahahha

  2. ibuku selalu melakukannya🙂

    eh tapi btw, saya agak kurang mengerti dengan :
    “Saya menyiapkan wadah plastik dan shower puff atau spons, lalu menuangkan sabun cair (yang sudah diencerkan) dan menambahkan lagi sedikit air…”
    wadah plastik itu untuk apa?

    #baru ngerti
    oooooooo kayak bikin tempat sabun cuci piringgg, tapi ini utnuk cuci badan.. hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s