Mengubah Prompt pada Oracle SQLPlus

Kita sudah familiar dengan  prompt SQLPlus yang normal (SQL>), namun mungkin belum banyak yang tau bahwa prompt SQLPlus itu bisa kita ubah sesuai keinginan 🙂 Untuk mengubah prompt pada Oracle SQLPlus perintahnya sangat mudah sekali:

SET SQLPROMPT promptyangbaru

Perhatikan screenshot berikut ini:

Mengubah prompt SQLPlus sangat bermanfaat saat kita perlu login ke SQLPlus sebagai beberapa user sekaligus (dengan cara membuka beberapa window SQLPlus). Ketika sedang bekerja dengan membuka beberapa window SQLPlus, tidak jarang kita bingung sedang aktif di window/sebagai user yang mana. Well, memang sih bisa memanfaatkan perintah “SHOW USER” atau mengubah warna teks/background pada SQLPlus tapi akan lebih praktis jika kita memodifikasi prompt di masing-masing window.

Nah dengan mengubah prompt di SQLPlus kita akan selalu tau sedang aktif sebagai user yang mana. Adapun dalam membuat prompt perlu diperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Prompt boleh menggunakan spasi selama diapit oleh tanda petik ganda (“) atau petik tunggal (‘)
  2. Perintah mengubah prompt tidak perlu diakhiri dengan titik koma (;) kecuali jika kita memang menginginkan ada tanda titik koma di akhir prompt yang akan kita modifikasi.
  3. Perubahan prompt tidak mempengaruhi perilaku SQLPlus, ini hanya masalah tampilan semata.
  4. Prompt yang dimodifikasi sifatnya tidak permanen, prompt akan kembali lagi menjadi prompt normal jika kita keluar dari SQLPlus (logon dan logoff akan mempertahankan hasil modifikasi pada prompt selama tidak keluar dari aplikasi SQLPlus )

Semoga bermanfaat 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s