Tugas Blog DBMS

Semester ini saya memberikan tugas kepada mahasiswa saya di kuliah Database Management System (DBMS) untuk membuat 4 artikel tentang DBMS, boleh dari hasil pembahasan di kelas, boleh juga dari sumber lain.

Hasilnya cukup beragam, ada yang menurut saya cukup bagus, lengkap dan mudah dipahami, sepertinya sangat niat dan sangat semangat membuat tugasnya bahkan membuat lebih banyak daripada jumlah artikel yang diminta. Namun ada juga yang sepertinya dibuat dengan asal-asalan, copy paste sembarangan (bahkan ada yang copy paste artikel dari blog saya! wah wah wah… ini entah kriminal entah dodol) dan cukup sukses membuat saya mengelus dada.

Saya meluangkan waktu meriksa tugas mereka sampe malem2 gini dan harus blogwalking ke 100 blog lebih,  untuk menemukan sebagian diantaranya ternyata isinya cukup menyedihkan (yah, malah curcol :D)

Well, berikut ini adalah beberapa sampel link ke blog mahasiswa yang menurut saya cukup original dan bagus dalam mengerjakan tugas DBMSnya (dalam urutan yang diacak):

  1. allabouttask.blogspot.com
  2. megawatidini.blogspot.com
  3. dwifitriangraeni.blogspot.com
  4. arrahmank.blogdetik.com
  5. mailispaps.blogspot.com
  6. x-chrame.blogspot.com
  7. alipoltek.blogspot.com
  8. tumbur-manurung.blogspot.com

Sebenarnya masih banyak lagi yang cukup bagus. Adapun hal-hal yang masih perlu diperbaiki dari tulisan/artikel yang mereka buat adalah:

  1. Ilustrasi. Cukup jarang yang menyertakan ilustrasi dalam artikelnya, padahal ilustrasi berupa gambar atau printscreen akan membuat apa yang mereka tulis menjadi lebih mudah dipahami.
  2. Penjelasan Source Code. Masih ada beberapa mahasiswa yang menuliskan sintaks PL/SQL tetapi tidak menyertakan penjelasan tentang apa yang dilakukan sintaks tersebut.
  3. Referensi. Sebenarnya tidak ada salahnya mengutip sebagian tulisan orang lain (bukan 100% copy paste lho ya…) asalkan menyebutkan sumber/referensi nya. Ini adalah etika yang umum di dunia blogging maupun ilmu pengetahuan.
  4. Masalah desain. Mungkin karena teralu bersemangat menghias blognya masing-masing, saya sering mendapati tulisan dari blognya sulit dibaca karena gambar background yang membuat tulisan susah dibaca, header yang terlalu rame, widget yang terlalu banyak dan tidak jarang foto-foto narsis 😀 Sebenarnya tidak masalah mengekspresikan diri melalui desain blog, selama tidak membuat isinya menjadi susah dibaca.

Semoga lain kali tulisan/artikel mereka akan bisa lebih bagus lagi, dan semoga tulisan/artikel yang sudah mereka buat bisa bermanfaat (minimal) bagi diri mereka sendiri dan juga bagi orang lain yang mengakses blog mereka. Aamiiin.

sumber gambar: http://www.pyrczak.com/antiplagiarism/
Iklan

10 pemikiran pada “Tugas Blog DBMS

    1. lho apanya yang curang? nilai blog Rani juga bagus kok, yang saya tampilin di atas itu beberapa sampel aja, kalo semua yg bagus ditampilkan nanti posting saya kepanjangan dong, he3… 😀

  1. hahaha..bagus deh pak, sudah memberi tugas yg sbnernya lebih dr “tugas” kalo menurut saya.. smoga mreka bener2 menulis sesuai dengan yg mereka pahami.. bagus loh pak tugas gn, skalian pengen tau sberapa ngerti sih kita ma DBMS *misalnya*..

    1. ya, maksud saya ngasi tugas dengan blog adalah membudayakan menulis karena:
      1. dengan menulis ilmu kita lebih “awet” di otak.
      2. dengan menulis, ilmu kita lebih bermanfaat buat orang lain
      3. dengan menulis, kita melatih kemampuan komunikasi
      4. dengan menulis kita tau etika (misalnya tidak copy paste dari blog orang lain, apalagi dari blog dosen yang ngasi tugas untuk menulis, hadoh! memprhatinkan…)

      -yah malah jadi curcol 😆 –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s