Menggunakan Help pada SQLPlus

Terkadang kita mengeluh bahwa belajar Oracle itu sulit karena harus menghafal banyak perintah dan sintaks-sintaks yang njlimet. Sebenarnya perintah-perintah itu tidak perlu dihafalkan, cukup dipahami dan diketahui cara pengunaannya.

Lantas bagaimana kalau kita lupa dengan perintah-perintah tertentu? atau tidak tau bagaimana cara menggunakan sebuah perintah tertentu dalam Oracle? Di internet banyak sekali e-book, tutorial, forum atau blog yang membahas tentang perintah-perintah di dalam Oracle, namun  adakalanya kita kesulitan mengakses internet. Di sinilah gunanya Help offline yang ada pada SQLPlus.

Untuk mengakses help offline pada SQLPlus kita dapat mengetikkan perintah Help atau ? diikuti dengan topik atau perintah Help Index untuk menampilkan daftar topik yang ada pada help.

Perhatikan contoh berikut ini:

atau kita juga bisa memanfaatkan metadata Help yang disediakan oleh Oracle. Adapun struktur metadata help adalah sebagai berikut:

  1. Topic: kolom ini berisi daftar topik dalam help
  2. Seq: kolom ini berisi nomor baris info dalam sebuah topik
  3. Info: kolom ini berisi info tentang topik, biasanya satu topik memiliki beberapa baris info dan tiap baris diberi nomor sesuai seq

Sayangnya metadata Help hanya bisa diakses dari user SYSTEM, tapi sebenarnya saya sendiri lebih suka menggunakan metadata help daripada langsung menggunakan perintah Help. Alasannya sederhana, sebab dengan  mengkombinasikan penggunaan Oracle wildcards dengan metadata help saya bisa mengetahui info tentang sebuah perintah yang hanya saya ingat sebagian (potongan perintahnya saja.)

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan metadata Help:

1. Menampilkan daftar perintah pada SQLPlus:

SELECT DISTINCT topic FROM HELP;

2. Menampilkan info tentang perintah tertentu pada SQLPlus (misalnya perintah ‘QUIT’):

SELECT info FROM help WHERE topic = 'QUIT';

3. Menampilkan daftar perintah SQLPlus yang diawali kata tertentu (misalnya kata ‘STAR’:

SELECT DISTINCT topic FROM HELP WHERE topic like 'STAR%';

3. Menampilkan daftar perintah SQLPlus yang mengandung kata tertentu (misalnya kata ‘WORD’):

SELECT DISTINCT topic FROM help WHERE topic LIKE '%WORD%';

Semoga bermanfaat 🙂

Iklan

6 pemikiran pada “Menggunakan Help pada SQLPlus

    1. SQLPlus itu program yang gunanya untuk menjalankan perintah-perintah SQL atau PL/SQL di database Oracle, bisa langsung ngetikin perintahnya lewat command prompt atau bisa juga di-load dari script (*.sql)

    1. Ga ada syarat apa-apa kok, yg penting sudah instal oracle dan bisa akses command prompt, sudah.

      Kalo gak berhasil atau nemu error “sqlplus is not recognized as an internal or external command” coba cek di environment variables sapa tau CMD nya belum punya akses ke sqlplus. Klo di windows 7 caranya:

      1. Klik kanan My Computer, pilih ‘Properties’
      2. Pilih ‘Advanced System Setting’
      3. Masuk tab ‘Advanced’ dan klik ‘Environment Variables’
      4. Dobel klik ‘Path’ di daftar System Variable’
      5. Pastikan path ke folder tempat menginstal Oracle sudah tercantum di sana, biasanya sih tertulis C:\oraclexe\app\oracle\product\10.2.0\server\bin

      Hati-hati saat melakukannya, klo salah setting bisa-bisa malah nanti program lain ada yg ga jalan 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s