Koneksi ke Oracle Remote Server dengan Menggunakan SQLPlus

Untuk melakukan koneksi ke sebuah server yang menjalankan DBMS Oracle, kita dapat  menggunakan SQLPlus. Adapun urutan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Mintalah username dan password dari DBA (Database Administrator) yang mengelola server yang akan kita akses, jelaskan pula kepada DBA tentang apa saja yang akan kita akses (sebutkan table, view, procedure dsb yang kita butuhkan) dan apa saja yang akan kita lakukan dengan data-data tersebut (apakah ingin menambah data baru, menghapus data lama atau sekedar membaca data dan mengeksekusi procedure). DBA yang baik akan memastikan agar username yang akan anda gunakan nanti dapat memenuhi semua kebutuhan anda.

2. Tanyakan kepada DBA tentang nomor IP (atau computer name), nomor port dan nama service Oracle yang dijalankan di sana. Nomor IP biasanya berbeda-beda (dapat juga menggunakan computer name jika sulit menghafal nomor IP), sedangkan nomor port secara default biasanya adalah 1521. Adapun  nama service juga berbeda-beda, biasanya tergantung versi Oracle yang digunakan, contohnya jika kita mengakses server yang menjalankan Oracle 10g Express Edition maka nama service defaultnya adalah XE.

3. Pastikan koneksi jaringan dari client ke server lancar. Untuk menguji koneksi anda bisa menggunakan perintah ping. Jangan panik dulu jika perintah ping anda gagal, kemungkinan server yang anda akses dipasangi firewall yang menolak request ping anda, untuk lebih jelasnya tanyakan kepada Network Administrator di tempat anda.

4. Editlah file TNSNAMES.ORA di komputer client yang akan anda gunakan untuk mengakses server, lokasi file ini berbeda-beda tergantung di mana anda menginstal Oracle Client di komputer client. Jika anda menggunakan Oracle 10g Express Edition maka secara default file tersebut bisa anda temukan di C:\oraclexe\app\oracle\product\10.2.0\server\NETWORK\ADMIN. Anda juga bisa menggunakan fasilitas find files di sistem operasi anda untuk menemukan file ini. Setelah anda menemukan file ini tambahkan baris kode berikut ini di bagian paling bawah seperti pada contoh berikut ini:


Kilik gambar di atas jika kurang jelas. Perhatikan bagian yang ditandai, sesuaikan nomor IP atau computer name dan nomor port serta nama service yang sudah anda dapatkan dari DBA. Adapun untuk nama koneksi anda bebas memberikan nama, sesuai dengan aturan penamaan variabel.

Setelah itu simpan kembali file tersebut (menimpa file yang lama). Jika anda menggunakan Windows 7 dan kesulitan saat ingin menyimpan file TNSNAMES.ORA kemungkinan file tersebut diproteksi oleh Windows 7, untuk membuka proteksinya bukalah explorer, kemudian klik kanan pada file dan pilih “Properties“, pilih tab “Security” lalu tekan tombol “Edit“, beri tanda cek pada “Write” di bagian “Permission“.

5. Bukalah SQLPlus melalui command prompt, lalu lakukan koneksi dengan perintah berikut:

Peastikan bahwa username ditulis dalam format username@namakoneksi sesuai dengan nama koneksi yang sudah anda buat pada file TNSNAMES.ORA. Jika semua berjalan lancar, maka anda akan terhubung dengan server.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat 🙂

Iklan

9 pemikiran pada “Koneksi ke Oracle Remote Server dengan Menggunakan SQLPlus

    1. Sqlplus itu aplikasi command line untuk ngakses oracle, klo ga pake sqlplus juga boleh pake aplikasi gui, banyak pilihannya kok

    1. Oracle berapa yg diinstall? Klo Oracle 11 kan username yg dipake “SYSTEM” (tanpa kutip), passwordnya sesuai dengan yang diisikan saat nginstall

  1. pak wahyu, saya buat aplikasi pake delphi 7 utk akses oracle, sdh berjalan normal (select dan update tabel berfungsi), tetapi kemarin masalah muncul, aplikasi hanya bisa select saja tidak bisa update, kenapa ya pak masalhnya, tapi saya coba update langsung pada tabel dengan sql developer bisa, mohon bantuan.trims

  2. Mas Nanang pake ADO kah untuk koneksi Delphi 7 ke Oracle nya? Kalau iya, coba cek aja property ReadOnly nya, harusnya di set FALSE. Klo ReadOnly nya di set TRUE efeknya memang jadi bisa select tapi ga bisa update.

    Mangga dicoba 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s