Cambridge Certified SQL Associate

Ingin dapat sertifikat gratis dari Cambridge Intercontinental University? atau sekedar ingin menguji kemampuan dasar SQL anda?

Silahkan coba link berikut ini: http://ciutesting.com/test/ccsqla.htm

Anda akan dihadapkan dengan 50 soal pilihan ganda tentang SQL yang harus diselesaikan dalam waktu 1 jam. Jika skor anda lebih dari 40% (menjawab minimal 20 soal dengan benar) maka anda berhak mendapat sertifikat CCSQLA (Cambridge Certified SQL Associate) dengan gratis yang bisa anda cetak langsung di komputer Anda, lengkap dengan skornya. Oiya,  sepertinya anda perlu hati-hati sebab jika anda salah menjawab maka nilai anda akan dikurangi (saya menyadari hal ini karena skor saya bukan kelipatan 2), jadi pikir baik-baik sebelum menjawab 🙂

Saya sendiri sudah mencobanya, alhamdulillah lulus dengan nilai memuaskan pada percobaan pertama, he3…

Saya jadi wondering, kalo kita gak lulus berarti bisa nyoba terus sampe lulus dong? tapi soal-soal yang ditampilkan berubah-ubah lho, soalnya saya mengikuti tes ini bersama 2 orang teman saya (di kubikal masing-masing tentunya) dan ternyata soal-soal yang kita hadapi berbeda-beda.

Walaupun skalanya internasional, tapi sebenarnya menurut saya metode sertifikasi ini banyak kelemahannya: bisa saja si peserta tes mengikuti tes berulang-ulang, mencontek (walaupun mungkin tidak sempat mengingat soalnya puanjang-puanjang), bekerja sama dengan peserta lain, atau bahkan mungkin sudah ada bocoran kunci jawabannya di internet.

Saya sendiri dan teman-teman sih mencobanya sekedar iseng, hitung-hitung persiapan kami untuk ujian sertifikasi Oracle nanti 🙂 Gimana? tertarik mencoba? ato malah tertantang? he3 😀

6 pemikiran pada “Cambridge Certified SQL Associate

Tinggalkan Balasan

