Express Yourself

Untuk tugas2 kuliah, proyek akhir, tugas akhir, thesis dan keperluan mengajar, biasanya saya menggunakan Oracle sebagai DBMS dan Visual Basic (VB) atau VB.NET sebagai bahasa pemrograman. Saya sudah berkenalan dengan 2 software ini sejak kuliah D3 dulu tahun 2004. Mulai Oracle 8i, Oracle 9i, lalu Oracle 10g, VB 6 dan VB.NET 2005 semuanya sudah pernah saya instal di laptop / PC saya (klo Oracle 11g saya gak sanggup nginstalnya, laptop saya pasti jadi lemot banget).

Nah, masalahnya mereka ini termasuk golongan proprietary software, alias harus bayar! Saya juga ga mau terus-terusan mbajak, takut kena hukum karma, hehehe…

Beruntung sejak awal tahun lalu saya mulai berkenalan dengan Oracle 10g Express Edition (Oracle 10g XE). Memang fiturnya tidak selengkap Oracle 10g, tapi sudah sangat-sangat mencukupi untuk kebutuhan saya yang masih amatiran  di dalam dunia per-database-an ini. Minimal sejak saat itu saya sudah menggunakan Oracle yang “legal” dan gak perlu mbajak lagi 😀

Beberapa hari lalu saya akhirnya berkenalan dengan VB.NET 2010 Express Edition. Sebenarnya software ini sudah dirilis sejak April 2010, tapi saya baru tau kemaren-kemaren, hehehe… Better late than never lah ya, he3. Walaupun memang fiturnya tidak selengkap VB.NET Professional Edition, tapi semua library dan fitur yang biasa saya gunakan lengkap tersedia di express edition, akhirnya sekarang saya pun tidak perlu lagi membajak VB.NET 🙂

Oracle 10g Express Edition (bisa didownload di sini untuk Windows atau di sini untuk Linux) dan VB.NET 2010 Express Edition (hanya untuk Windows, bisa didownload di sini). Duet maut, hahaha… 😀

Ini dia wish list saya untuk “express-express” berikutnya:

  1. Microsoft Office Express Edition (klo yang satu ini kayaknya sampe lebaran monyet juga gak akan ada, he3)
  2. Sybase PowerDesigner Express Edition (semoga cepat teredia, lumayan buat ngerancang database, generate database dan tentu saja reverse engineering, favorit saya, hahaha…)
  3. Oracle Developer Suite Express Edition (pengen belajar software yang satu ini, tampak sangat berkelas, bahkan sekarang ada JDeveloper nya, IDE yg terintegrasi untuk Java juga, sayang belum ada versi gratisnya)
  4. apa lagi ya? ada yg mau nambahin?

Mari gunakan software yang legal, let’s “express” ourselves guys, 🙂

7 pemikiran pada “Express Yourself

  1. Nah, sbnernya ada yg pngen ditanyain.. Sbnernya untuk PA, TA, thesis dst tu gmn pak kalo ga pake software berbayar alias bajakan? *termasuk melanngar bukan? hehe

    1. sebetulnya memang termasuk melanggar Ji, tapi menurut saya masih bisa kita minimalkan, kan banyak tuh software2 yang biasa kita pakai sudah mulai mengeluarkan versi gratisnya (kceuali mungkin Ms Office yang sampe lebaran monyet juga kecil kemungkinannya untuk gratis, he3)

      Oleh karena itu mari gunakan yang legal 🙂

  2. Tahun monyet pernah denger, tapi klu lebaran monyet itu kapan yah?
    * melenceng dikit dari yang serba gratisan

    Hidup legal!!
    gratisan n open source g ada matinye..
    Hidup g ada matinye!!
    * ah geje geje geje
    * bagi2 juga ya mas 😛

Tinggalkan Balasan

