Tidak Bertanggung Jawab

Do not bite more than you can chew

Ungkapan di atas kurang lebih artinya “jangan gigit (makanan) lebih besar dari yg mampu kau kunyah”. Masuk akal kan? Kalau makanan yang digigit terlalu besar sampai2 tidak bisa dikunyah maka tidak akan ada makanan yg bisa masuk ke dalam perut, atau jika dipaksakan untuk ditelan maka akan membuat kita tersedak.

Jika makanan dianalogikan dengan amanah, lantas bagaimana dengan mengambil/menerima (dengan terpaksa maupun sukarela) tugas atau tanggung jawab (yang nota bene adalah amanah) melebihi kemampuan?

Konsekuensinya:

  1. Semua amanah yang dipikulkan dapat terselesaikan tapi hasilnya tidak sebaik yang diharapkan alias asal-asalan (bad case)
  2. Beberapa amanah terselesaikan dengan baik namun ada amanah lain yang terabaikan (worse case)
  3. Saking bingungnya, semua amanah yang dipikulkan kepada kita terabaikan (worst case)

Mungkin kita semua sudah tau dan sadar tentang tiga konsekuensi di atas karena efeknya akan terasa dalam jangka waktu yang relatif pendek, namun seringkali kita lupa pada konsekuensi yang ke empat, sebuah konsekuensi jangka panjang:

Setelah kita mati, alasan apa yang kita kemukakan saat hari pertanggungjawaban semua amanah itu tiba?

Gak mungkin kan kita beralasan “Ya Allah, amanah A tidak saya kerjakan dengan sebaik-baiknya karena saya juga dibebani dengan amanah B, C, D… dst” ?

Bagaimana kalo kita ditanya balik “Kalau kamu sudah tau bahwa amanah A itu sudah melebihi ambang batas kemampuanmu, lantas kenapa kamu masih terima?”

Mau jawab apa kita?

Akhir kata; teori memang mudah, implementasinya yang susah, tapi jangan lupa; kalau kita tau ilmunya dan masih tetap tidak mengamalkan, bukankah itu juga dosa? Bukankah itu juga dimintai pertanggungjawabannya? Duh… T.T

12 thoughts on “Tidak Bertanggung Jawab

  1. Daripada nolak…lihat aja product dari yang suka nolak2 kerjaan…
    lihat aja nasibnya gimana sekarang….

    kayak jadi artis terkenal yang meninggal di tengah kepopuleran dengan skandal obat2an…yang ada cuma ketiadaan dan kenangan… (lebay dot com) :p

    yaaaa…paling gak, jadi tau…inilah saatnya membuat mimpi baru….🙂

    1. memang tidak disarankan nolak kerjaan Za, tapi mestinya dipikir2 dulu sebelum nerima kerjaan, daripada nanti hasilnya malah berantakan plus kerjaan lain jd terbengkalai ya lebih baik jangan diterima.

      lain ceritanya klo sebenarnya bisa dan mampu tapi selalu menolak dikasi kerjaan, itu mah kurang kontribusi namanya, he3

      jangan keseringan berganti mimpi za, umur kita gak cukup panjang untuk dipake pindah2 jalur gak jelas, sekedar mengingatkan saja😉

    2. Karena gak cukup panjang itulah…
      jadi ingin mencoba semuanya…
      (maruk yaaahhh)🙂

      uhhmmm…setuju jugak buat komentar Mbak Ipit…😀
      like this, Mbak, jempol buat Mbak Ipit ^^b

  2. Sepakat, menurutku yang paling penting ukur kemampuan diri sendiri, sanggup atau tidaknya menerima suatu tanggung jawab itu, (bukan dalam konteks nolak kerjaan atau nyari2 kerjaan🙂 ), tapi kadang susahnya nentuin tolak ukur nya itu dan beberapa kekhawatiran diawal ” aduh.. jangan2 ntar … , aduh takut gak bisa ..” ( jadi ada tarik ulur jadinya🙂 )

    1. Yah, kadang memang kita tidak sadar bahwa sebenarnya kita bisa memikul suatu beban sampai kita mencobanya sendiri.Benar juga bahwa untuk mengukur kemampuan diri sendiri itu tidaklah mudah karena gak ada besaran, satuan dan alat ukur yang standar/teruji valid.
      Kadang yg bisa dilakukan adalah “estimasi” semata, dan tentunya minta petunjuk kepada yg paling mengetahui kapasitas kemampuan kita, supaya proses “tarik ulur” itu punya “landasan”, dan nanti tidak salah dalam mengambil keputusan😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s