Training: Oracle Database 10g PL/SQL

Sejak tanggal 22 November 2010 sampai 26 November 2010 kemarin, saya dan beberapa rekan dosen lain (total ada 8 orang: saya sendiri, DRW, TRF, PRM, ELY, INE, SYN dan ART) mengikuti pelatihan dari Oracle University yang diselenggarakan oleh Telkom PDC Bandung. Pelatihan yang kami dapatkan ada 2 yaitu:

  1. Oracle Database 10g:  PL/SQL Fundamental (22-23 November 2010)
  2. Oracle Database 10g: Developing PL/SQL Program Units (24-26 November 2010)

Sebenarnya dua pelatihan tersebut dijadwalkan untuk diselenggarakan selama 3 minggu, namun atas permintaan kampus yang mengirim kami maka waktu pelatihan yang seharusnya 3 minggu itu dimampatkan menjadi 5 hari saja, 4 sesi per hari mulai jam 8 pagi sampai jam 16 sore.

Pelatihan yang kami ikuti ini materinya sangat padat. Ternyata materi mata kuliah DBMS yang biasanya saya ajarkan kepada mahasiswa dalam waktu 1 semester itu dibahas tuntas dan jauh lebih mendetail di pelatihan Oracle Database 10g:  PL/SQL Fundamental dalam waktu 2 hari training saja, plus banyak sekali materi-materi baru.

Materi pelatihan yang saya ikuti pun sangat menarik sekali. Saya dan rekan rekan dosen yang lain benar2 belajar banyak hal baru di sini (terutama saya sendiri sebagai dosen newbie yang masih miskin pengalaman). Selain memperdalam materi yang sudah biasa saya ajarkan di kelas, saya juga memperaktekkan secara hands on untuk beberapa hal baru berikut ini:

  1. Penggunaan substitute variable, bind variable, package variable dan berbagai cara melewatkan parameter dan mengeksekusi sebuah stored procedure atau stored function, baik yang sifatnya stand alone maupun packaged (public dan private)
  2. Membuat directory dan mengakses file (melakukan query ke database dan men-generate hasilnya ke dalam file txt, HTML buffer atau file HTML) dengan menggunakan UTL_FILE package, termasuk jika file tersebut berada di remote host.
  3. Mengenkripsi package dengan menggunakan utility WRAP dari Oracle untuk menyembunyikan source code nya, bahkan jika diakses dari USER_SOURCE metadata sekalipun.
  4. Mengakses file multimedia melalui directory, kemudian menyimpan pointernya dalam bentuk BFILE ke dalam tabel di database dengan menggunakan DBMS_LOB package.
  5. Menjadwalkan sebuah stored procedure/function untuk dieksekusi dengan waktu tertentu (bisa menggunakan tanggal, interval vaktu dsb) dengan menggunakan SCHEDULER, termasuk jika melibatkan pengaksesan file di remote host (ini praktek yang paling rumit, paling seru dan saya rasa paling bermafaat, he3…)

Selain itu, saya juga diajarkan teori-teori baru (tapi sayangnya tidak dipraktekkan secara hands on) tentang beberapa hal berikut:

  1. Object Dependency pada Oracle database, termasuk remote dependency yang terjadi bila sebuah stored procedure di local host harus mengakses stored procedure di remote host
  2. Interpreted Compile Mode dan Native Compile Mode, termasuk cara berpindah antara keduanya dan tips pemilihan penggunaan yang tepat sesuai dengan kebutuhan.
  3. Dynamic SQL, termasuk bagaimana perilakunya jika terjadi exception dan bagaimana memastikan agar suatu transaksi yang ditulis dalam sebuah dynamic SQL bersifat independen dari transaksi yang lain bahkan jika terjadi exception sekalipun.

Sebenarnya masih banyak lagi, yang saya tulis di atas adalah beberapa topik yang saya rasa sangat menarik dan bermanfaat. Insya Allah sedikit2 akan saya cicil untuk menuliskannya di blog ini agar bisa bermanfaat juga bagi yang lain.

Intinya pelatihan selama 5 hari ini sangat bermanfaat bagi saya. Suasana pelatihan selama 5 hari ini sangat menyenangkan dan semangat belajar saya selama 5 hari ini benar-benar tinggi. Instruktur kami, Mba Fivien (yang sudah bersertifikasi OCA dan OCP) serta dua orang asistennya yaitu Mas Ratno dan Mba Vika sangat banyak memberikan pengetahuan baru dan meluruskan pemahaman kami yang keliru selama ini.

Rekan-rekan dosen juga sangat aktif selama pelatihan. Kelas yang isinya hanya 8 peserta dan instruktur serta asisten itu tidak pernah sepi. Kami bertanya ini itu, berdiskusi (yang selalu terlihat seperti berdebat) tentang konsep2 baru yang sangat menarik bagi kami, dan tentu saja mencoba secara hands on sintaks-sintaks Oracle PL/SQL yang kebanyakan masih kurang familiar dengan kami.

Suasana kelas sangat akrab dan menyenangkan. Belajar sintaks oracle selama 8 jam sehari ternyata bisa jadi sesuatu yang sangat menghibur dan menyenangkan. Ada kalanya kami menemui kendala dengan fasilitas atau kesulitan saat berusaha memahami teori atau mempraktekkan sesuatu selama pelatihan, namun tidak pernah membuat kami jera untuk belajar. Di saat-saat seperti itulah saya teringat kepada mahasiswa-mahasiswa saya dan berharap mereka bisa menikmati proses belajar seperti kami menikmati proses belajar kami selama pelatihan.

Saya sangat bersyukur dan sangat menikmati pelatihan ini. Saya sangat berharap akan ada kesempatan mengikuti pelatihan seperti ini lagi di waktu yang akan datang. Terlebih lagi saya sangat berharap dan berdoa agar adik-adik mahasiswa yang saya ajar di kelas bisa menikmati proses belajar dan melihat kegiatan belajar sebagai sesuatu yang menyenangkan. Amiiin

10 thoughts on “Training: Oracle Database 10g PL/SQL

  1. dan selamat semakin “menajamkan & menajamkan kuku” di bidang per database- an Pak🙂 (udah semakin jelas nih spesialisasinya :D) … semoga trainingnya bermanfaat dan ilmunya juga bermanfaat …

  2. Amiiiin… amiiiiin….

    Terima kasih Ipit dan Mba Ike, semoga demikian adanya. Insya Allah doa yg baik dari kalian akan kembali manfaat dan keberkahannya kepada Ipit dan Mba Ike juga🙂

  3. “yang biasanya saya ajarkan kepada mahasiswa dalam waktu 1 semester itu dibahas tuntas dan jauh lebih mendetail di pelatihan Oracle Database 10g: PL/SQL Fundamental dalam waktu 2 hari training saja, plus banyak sekali materi-materi baru. ”

    tanggung jawab dosen memang lebih berat ..😀
    sukses pak

  4. untuk pak DRW, saya baru tau kalau ternyata beliau di bidang ” Oracle”.
    pantas saja beliau memiliki baru kemeja bertuliskan ” Oracle Indonesia.”😀
    karena semester genap kmren, beliau mengajakan SIM.
    dan semester ini mengajarkan “Web programming..”

  5. saya juga tertarik ingin mendalami oracle.,.,
    itu biaya brapa??? n dapet sertifikat g?? thanx
    kalo ada brosur saya d email y

    1. ada sertifikatnya, biaya tesnya USD 250 (dua kali tes @ USD 125). Kalo mau plus trainingnya tambah sekitar USD 300 lagi. Itu saya trainingnya di Telkom PDC. Gak tau harganya sama atau beda kalo diselenggarakan pihak lain.
      Sayangnya saya gak punya brosurnya, langsung saja cek ke websitenya Telkom PDC, bisa search di Google dengan keyword “Telkom PDC”. Semoga sukses🙂

Tinggalkan Balasan

