Lupa Password User “System” di Oracle 10g

Mungkin pernah ada yg mengalami kejadian kayak gini:

Belakangan di kelas saya sering banget tuh menemukan mahasiswa yang mengalaminya. Kebanyakan dari mereka langsung pasrah dan ambil jalan pintas: instal ulang Oracle. Nah, kalo kejadiannya di kelas mungkin masih gak apa-apa tapi gimana kalo di luar kelas? atau kalau gak ada backup  data, masak harus instal ulang? Jangan panik dulu apalagi buru2 instal ulang Oracle, mungkin cara berikut ini bisa dicoba:

Caranya mudah, tinggal login ke windows sebagai user dengan hak administrator, kemudian ketikkan perintah di atas pada command prompt. Setelah berhasil login ke Oracle dengan cara di atas, maka kita tinggal mengubah password user SYSTEM dengan perintah seperti pada gambar di bawah ini:

Pada contoh di atas saya mengubah password untuk user SYSTEM (yang tadinya sudah lupa passwordnya apa) menjadi ‘wahyu’. Setelah itu kita bisa login ke Oracle seperti biasa dengan password baru tersebut.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat 🙂

Note: sebenarnya ini adalah celah keamanan Oracle SQLPlus pada Windows. Untuk menutup celah keamanan ini, baca posting saya yang lain. Jangan sampe lupa password nya lagi ya 🙂

27 pemikiran pada “Lupa Password User “System” di Oracle 10g

  1. pak.kalau di saya problem not enough shared memory saat login ke oracle,cuma kalau servicenya direstart bisa.tp temporer.nanti bermasalah lagi.
    Biar permanen gmana pak?

    1. Riza,

      maksudnya not enough shared pool memory kan?
      kalo iya saya sendiri belum pernah ngalamin, tapi ada yang bilang bahwa eror seperti itu penyebabnya adalah karena ada konfigurasi yg kurang pas di file init.ora

      jadi solusinya ada 2, tinggal pilih:
      1. edit file init.ora, gedein shared memory size nya
      2. instal ulang 😆

      maaf kalo gak banyak membantu 🙂

  2. pagi, saya mau tanya, saya tidak bisa akses username and password oracle 10G.
    entah lupa atau gimana, saya coba cara dr bapak tidak bisa..
    mohon pencerahannya..
    makasih..

    1. hahaha… kok bisa sampe lupa username 😀
      klo lupa usernamenya coba login ke SYSTEM trus jalanin perintah ini
      SELECT USERNAME FROM DBA_USERS;
      nanti akan ditampilin daftar semua username yg ada di sana, pasti salah satunya punya mas Pajar yg kelupaan itu 🙂

  3. pagi pak wahyu saya masih bingung dengan maksud “tinggal login ke windows sebagai user dengan hak administrator, kemudian ketikkan perintah di atas pada command prompt. Setelah berhasil login ke Oracle dengan cara di atas, maka kita tinggal mengubah password user SYSTEM “…. mohon penjelasannya pak ?

    email saya (achmadhakimuddinbahri@gmail.com)

  4. masalahnya pak.. di saat sqlplus/ as sysbda dia mintak username dan pass , jadi y di pertanyaan saya lupa username dan password itu pak.. mohon solusinya pak.

    1. username yang diminta saat sqlplus / as sysdba adalah username admin di sistem operasi windows, nah kalau password user system di Oracle lupa, plus username dan password admin windows nya juga lupa, mohon maaf saya belum punya solusinya 🙂

Tinggalkan Balasan

