Great Customer Service

Betapa hebatnya para petugas customer service:

  1. Mereka bisa tetap melayani pelanggan dengan senyum, padahal mereka juga pasti punya masalah pribadi masing-masing.
  2. Mereka bisa menjawab pertanyaan customer secara diplomatis, bahkan untuk jenis2 pertanyaan yg paling ‘menyudutkan’ atau jenis pertanyaan yg sebenarnya mereka tidak tau jawabannya sekalipun.
  3. Mereka bisa menahan rasa bosan karena harus menjelaskan hal yang sama secara berulang-ulang kepada customer yang berbeda-beda
  4. Dan yang paling penting, mereka bisa menerima semua komplain pelanggan atas segala bentuk ketidakpuasan pelangan terhadap produk dan aturan, walaupun bukan mereka yang membuat produk itu dan juga bukan mereka yang membuat aturan itu. Kasarnya, mereka rela jadi ‘tameng’

Semua itu butuh kebesaran jiwa, kontrol emosi, kejernihan berpikir dan daya tahan fisik dan psikis yang prima. Kadang kita baru bisa menghargai suatu profesi setelah kita menjalaninya sendiri (dan menyadari betapa sulitnya menjalani semua itu…)

Salut untuk bapak/ibu/mba/mas petugas loket, teller, operator call center dan jenis2 pekerjaan customer service lainnya yang tiap hari berhadapan dengan berbagai macam pelanggan dengan tabiat yang berbeda-beda.

Jadi bertanya2, apakah saya memang gak berbakat jadi ‘customer service’ ya?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s