Tips Nyuci Baju Putih

Tau kan reputasi aer Dayeuhkolot yang terkenal mampu mengubah baju putih jadi kuning?. Ada tips bagus nih buat nyuci baju putih, aku dapet tips ini dari Ibu yang punya warung di seberang jalan deket kosan -foto yang ada di atas itu bukan foto ibunya lho, he3-.

Kata Ibu itu (ga tau namanya siapa, he3), kalo nyuci baju putih biar ‘kinclong’ pake sitrun aja, bahasa kerennya sih citric acid. Kata Mas Wiki, citric acid ini juga dikenal dengan nama 2-hydroxypropane- 1,2,3-tricarboxylic acid atau Hydrogen citrate dan rumus kimianya C6H8O7. (Edan, penting gak sih ???)

Bentuknya kayak garam, biasanya dijual di kantong-kantong kecil, murah kok cuma 800 perak (skalian promosi). Sitrun ini aslinya sih dipake buat pengawet kalo bikin es buah biar buahnya gak cepet bonyok, tapi ternyata bisa juga dipake buat nyuci baju. Awalnya sih aku sempat gak percaya n heran juga, tapi ternyata emang terbukti khasiatnya kok (udah kayak tukang obat aja nih promosinya).

Caranya gampang, kalo kita mo nyuci kan biasanya direndem dulu, nah selain direndem pake detergen, campur juga bubuk sitrun ke dalam air rendaman cucian. Perbandingan sitrun n detergen kira2 1:1 jadi kalo detergennya 1 sendok takar, sitrunnya ya kira-kira 1 sendok takar juga. Trus rendam deh tu pakaian (makin lama makin bagus, malah bisa didiemin ampe semaleman n ga bakal bau lho, percaya deh, aku dah buktiin sendiri. Kayaknya sitrun ini punya khasiat antiseptik , antibakteri ato apa gitu, ga ngerti). Abis itu cuci aja seperti biasa, jemur di terik matahari, dijamin ‘kinclong’!

Oiya, ni dia beberapa kelebihan sitrun dibanding pemutih kimia (eg. B**clin de ka ka):

  • Ga bakalan ngerusak serat baju
  • Ga bikin gatel n alergi di tangan
  • Ga bau kayak B**clin
  • Aman untuk baju berwarna, ga bikin luntur, bahkan kalopun dicuci barengan ama yang putih
  • Kayaknya lebih ramah lingkungan, ga ada busanya tuh kalo ga dicampur detergen, soalnya kata Mas Wiki, bahan dasar sitrun ini alami yaitu dari sari lemon.
  • Ga bikin gatel di kulit setelah bajunya kering (malah dulu pernah kering diangin-anginin ga pake matahari tetep ga bikin gatel, so aman buat nyuci endoderm alias jeroan alias sem***, he3)

Aku dah buktiin sendiri kok, baju jadi putih, bersih, ga bau, ga bikin gatel. So, tunggu apa lagi, ayo buruan nyuci pake sitrun, he3

Referensi: http://en.wikipedia.org/wiki/Citric_acid

Iklan

20 pemikiran pada “Tips Nyuci Baju Putih

  1. Aku juga udah nyobain pakai citrun itu … tapi kog bekas lunturnya masih ada ya??? apa citrun nya kurang banyak kali ya???

  2. Hmmm, kalo bukan takarannya yang kurang pas, mungkin ngerendemnya kurang lama. Untuk 1 ember 10 liter, takarannya 1:1 Pit, kalo aku biasanya pake At***k 1 sachet ama sitrunya 1 kantong, trus direndem 1 malem, trus dicuci deh biasa, ga disikat juga semua noda luntyuuur…. kinclong deh!

  3. et dah.. dj emang calon suami idaman dah.. ampe takaran2 gtu di hapalnya, tp setuju pak, citrun emang paling jitu buat ilangin noda, dulu waktu kul, baju2 putihku semuany dicuci ma citrun, Alhmdulillah kinclong euy..tapi sayang di Jkt kgk ada..:((, ada yg mo kirimin dari bandung?..(ngarep.net)

  4. wahh,, sejitu itukah citrun, patut dcoba..
    eeh,, trs kl mo keramas pk aer dayeuhkolot jg kan bermasalah tuh..
    apa pk citrun jg? *alahh ngasal.com*

  5. deen : Puank, kalo qta mo pesan sitrun minimal 100 kantong nah, harga 80.000 plus ongkos kirim 20.000 untuk jabotabek n 50.000 untuk luar jabotabek, kirim ke nomor rekening 131-xxxxxxxxxxxx, tersedia diskon NOL persen bagi 50 pemesan pertama, he3 jadi agen sitrun ma ini kesyan.

    galz : jangankan buat keramas, aku jadi penasaran kalo aku mandi pake sitrun bisa jadi lebih putih ga ya? kali aja bisa, galih mo coba? kalo berhasil kasi kabar ya, tapi kalo gagal jangan protes, he3… -mandi pake sitrun? NOT recommended-

  6. anonymous : Mas Wahyu, bukan mba 🙂 Klo mo beli citrun di warung2 banyak kok, biasanya aku beli di warung deket kosan, tapi di supermarket juga ada, botolan gitu biasanya, tapi bentuknya sama, mirip gula pasir, biasanya dilabelin ‘Asam Sitrun’ ato ‘Citric Acid’ gitu.
    Master of Citrun? ahahahaha, bisa aja… btw do I know you?

  7. mas, kalo rendamannya pake citrun trus dicucinya pake mesin cuci gpp g y? soalnya ada yg bilang asemnya citrun itu g bagus ke tabung mesin cucinya.. cepet bikin karat katanya. bener g sih? thx

  8. Hmm… kalo nyuci pake mesin cuci jangan pake citrun, soalnya citrun emang bersifat asam n bisa ngerusak tabung mesin cuci.
    Solusinya: rendem aja dulu di ember pake citrun, trus bilas bersih n masukin deh ke mesin cuci, pencet tombol, insya Allah mandjoer…. 🙂

  9. coba akh….baju suami kbnyakan putih. udah pake b*****n ttp aj g kinclong. tpi ht ht jg klo ada logamnya ya…bisa bisa nti ad noda karatnya,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s